Kompas TV lifestyle kesehatan

Menurut Penelitian, 6 Minuman Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidurmu di Malam Hari. Apa Saja?

Kompas.tv - 13 September 2023, 21:00 WIB
menurut-penelitian-6-minuman-ini-dapat-meningkatkan-kualitas-tidurmu-di-malam-hari-apa-saja
Menurut Penelitian, Waktu Tidur Selama 7 hingga 9 Jam Dapat Mengatasi Risiko Penyakit (Sumber: Lifestylememory on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV – Sebagian orang banyak mengabaikan tidur malam, padahal tidur malam merupakan bagian yang penting untuk kesehatan.

Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa yang berusia 18 hingga 60 tahun untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam, seperti yang dikutip dari jurnal National Sleep Foundation’s Sleep Time Duration Recommendations: Methodology and Results Summary.

Faktanya, menurut jurnal Recommended Amount of Sleep for a Healthy Adult: A Joint Consensus Statement of the American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, tidur dengan waktu yang sedikit atau terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko depresi, diabetes, penyakit jantung, hingga berakhir dengan kematian.

Meskipun memiliki waktu tidur setidaknya 7 jam setiap malam bukanlah suatu hal yang mudah, ternyata ada lho berbagai minuman pemicu tidur yang dapat membantumu memiliki kualitas tidur yang baik.

Dikutip dari Healthline.com, berikut ini adalah 6 minuman yang dapat kamu minum sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidurmu:

Daftar minuman untuk tingkatkan kualitas tidur

1. Jus Ceri

Ceri adalah buah yang kaya akan sumber triptofan dan melatonin. Buah ini memiliki rasa yang bervariasi, yaitu manis atau asam, dan tumbuh di berbagai warna.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Darshan S. Kelley, Yuriko Adkins, dan Kevin D. Laugero yang dipublikasikan dalam PubMed Central pada tahun 2018, menyatakan bahwa Ceri memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini juga didukung dari penelitian lain yang dilakukan oleh María Garrido, Javier Espino, Antonio F. Toribio-Delgado, Javier Cubero, Juan I. Maynar-Mariño, Carmen Barriga, Sergio D Paredes, dan Ana B Rodríguez seperti yang dipublikasikan dalam PubMed Central pada tahun 2012.

Peneliatian ini menunjukan bahwa Ceri memiliki kandungan triptofan. Triptofan adalah asam amino yang merupakan prekursor hormon melatonin, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Sering Alami Sulit Tidur saat Menginap? Begini Penjelasannya

2. Teh Chamomile

Teh yang terbuat dari tanaman ini telah dipercaya dapat membantu meredakan gejala flu, mengurangi peradanagan, meningkatkan kesehatan kulit, mengatasi insomnia, hingga membantu meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian yang dilakukan oleh Mohsen Adib-Hajbaghery dan Seyedeh Nesa Mousavi pada tahun 2017 dalam PubMed Central terhadap 60 orang dewasa menemukan bahwa mengonsumsi 400 mg ekstrak chamomile selama 28 hari berturut-turut dapat meningkatkan kualitas tidur yang aman.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Shao-Min Chang dan Chung-Hey Chen pada tahun 2016 dalam PubMed Central terhadap 80 wanita yang mengalami penurunan kualitas tidur mencatat bahwa gejala fisik inefisiensi tidur meningkat secara signifikan setelah partisipan mengonsumsi teh chamomile setiap hari selama 2 minggu.

Jika kamu ingin membuat teh chamomile, kamu dapat menggunakan 4 sendok makan bunga chamomile segar atau 2 sendok makan bunga chamomile kering ke dalam cangkir yang diisi dengan air mendidih sebanyak 237ml.



Sumber : Healthline.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x