Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Makanan Ini Bantu Atasi Baby Blues Syndrome

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 03:00 WIB
6-makanan-ini-bantu-atasi-baby-blues-syndrome
Ilustrasi ibu hamil yang stess. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Baby blues adalah sindrom yang sering terjadi pada ibu baru beberapa hari setelah melahirkan. Meskipun tidak bisa diprediksi dengan pasti kapan sindrom ini akan muncul, kebanyakan wanita mengalami baby blues segera setelah melahirkan.

Menurut NCT (National Childbirth Trust), gejala baby blues biasanya meliputi perasaan sedih yang berlangsung sesaat setelah melahirkan. Gangguan ini dapat memburuk pada hari ketiga dan keempat setelah melahirkan, namun cenderung berlangsung selama 10 hingga 14 hari.

Meski dapat hilang dengan sendirinya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu sang ibu mengatasi baby blues. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi makanan yang dapat membantu memperbaiki suasana hati. 

Baca Juga: Mengenal Sindrom Baby Blues yang Dialami usai Melahirkan, Simak Gejala dan Cara Mengatasinya

Melansir laman familystylenutrition.com, makanan yang mengandung asam lemak dan omega 3 terbukti ampuh untuk menaikan mood. Berikut makanan yang dapat membantu mengatasi baby blues.

1. Ikan Salmon

Makanan untuk mencegah baby blues yang pertama adalah ikan salmon. Asam lemak omega-3 terutama yang ditemukan pada ikan dan beberapa kacang-kacangan dapat membantu fungsi tubuh untuk kembali normal.

Menurut penelitian yang diterbitkan Critical Reviews in Food Science and Nutrition, salmon yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa menurunkan tingkat depresi yang menjadi penyebab baby blues.

Salmon dan ikan air dingin lainnya seperti ikan bass dan halibut, merupakan makanan yang kaya akan DHA dan EPA Omega-3 Fatty Acids (EFAs). Asupan Omega 3 yang terpenuhi, merupakan hal yang sangat penting untuk Moms yang baru melahirkan.

Hal ini dikarenakan kehamilan dan menyusui menghabiskan nutrisi tubuh yang benar-benar penting. Selain itu, penipisan Omega-3 sebenarnya juga terkait dengan baby blues atau bahkan depresi pascapersalinan.

William Sears, seorang dokter spesialis anak yang juga menulis buku The Baby Book menyarankan para ibu baru untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti salmon dan kenari.

2. Telur

Makanan untuk mencegah baby blues yang mudah sekali ditemukan adalah telur. Telur juga salah satu makanan yang diperkaya omega-3 dan dapat menjadi pilihan untuk mengatasi baby blues.

Kandungan tinggi protein dan kolin dalam telur dapat meningkatkan fungsi otak. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh.

Kandungan ini dapat membantu pertumbuhan agar lebih optimal dan sebagai sumber energi tubuh. Protein sangat penting dalam proses penyembuhan depresi pascapersalinan atau baby blues, seperti halnya memberi makan pada otak.

Sementara kolin mampu meningkatkan fungsi saraf dan hati, serta meningkatkan proses metabolisme tubuh.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x