Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu Lupus Nefritis? Penyakit yang Diderita Shena Malsiana X Factor sebelum Meninggal

Kompas.tv - 28 Oktober 2023, 13:17 WIB
apa-itu-lupus-nefritis-penyakit-yang-diderita-shena-malsiana-x-factor-sebelum-meninggal
Penyanyi Shena Malsiana, jebolan X Factor Indonesia, meninggal dunia pada Rabu (25/10/2023). (Sumber: Instagram/shenamalsiana)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi jebolan X Factor Indonesia, Shena Malsiana, meninggal dunia pada Rabu (25/10/2023) pukul 15.37 WIB akibat penyakit lupus nefritis.

Shena meninggal di usia 32 tahun dan dimakamkan di TPU Grubug, Bojong Nangka, Tangerang Selatan.

Adik Shena, Dhea, mengatakan kakaknya didiagonisis menderita lupus nefritis pada tahun 2021 dan sudah menyerang organ ginjal.

“Shena meninggalnya kenapa, karena dia ada penyakit lupus nefritis namanya,” ujar Dhea, Kamis (26/10/2023), dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Kasus Petugas Imigrasi Tewas Jatuh dari Lantai 19, Polisi: Ada Suara Pecahan Kaca saat Kejadian

Apa Itu Lupus Nefritis?

Dilansir laman Universitas Airlangga di unair.ac.id, systemic lupus erythematosus (SLE) atau lupus adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, termasuk di persendian, kulit, pembuluh darah dan organ, seperti ginjal.

Salah satu komplikasi penyakit lupus yang perlu diwaspadai karena berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan yang serius adalah lupus nefritis.

Lupus nefritis terjadi ketika autoantibodi lupus merusak struktur jaringan di ginjal penderita yang berfungsi salah satunya untuk menyaring dan mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh.

Hal ini mengakibatkan timbulnya peradangan ginjal yang ditandai dengan adanya darah dan protein dalam urine (yang pada kondisi normal seharusnya tidak didapatkan sama sekali atau hanya dalam jumlah yang sangat sedikit), tekanan darah tinggi, gangguan fungsi ginjal atau bahkan gagal ginjal.

Baca Juga: Hari Lupus Sedunia: Mengenal Lupus, Gejala, dan Faktor Pemicunya

Penyebab Lupus Nefritis



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x