Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Buah Penurun Kolesterol Alami Ini Mudah Ditemukan di Pasar, Ada Alpukat, Semangka, hingga Pepaya

Kompas.tv - 7 November 2023, 04:00 WIB
8-buah-penurun-kolesterol-alami-ini-mudah-ditemukan-di-pasar-ada-alpukat-semangka-hingga-pepaya
Ilustrasi buah-buahan penurun kolesterol. (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mempertahankan kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol tidak harus selalu bergantung pada obat-obatan.

Alam menyediakan sejumlah buah-buahan yang tidak hanya lezat tetapi juga berfungsi sebagai pembantu alami dalam menurunkan kadar kolesterol.

Dengan memilih buah-buahan yang tepat, Anda dapat menikmati camilan sehat sekaligus menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung Anda.

Baca Juga: Jalan Kaki Olahraga Murah dan Mudah, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, berikut delapan buah-buahan yang bisa menurunkan kolesterol secara alami, mudah dicari, dan bisa dibeli di pasar terdekat.

Buah Penurun Kolesterol

Pisang

Buah berwarna kuning ini mengemas serat dan kalium yang cukup untuk memberi perlawanan terhadap kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

Pisang menawarkan manfaat ganda dengan menyediakan energi langsung dari gula alaminya serta membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Baca Juga: Kenali 6 Dampak Sering Konsumsi Gorengan pada Tubuh, Tingkatkan Risiko Stroke hingga Berat Badan

Jeruk

Jeruk dan saudara-saudaranya dalam keluarga sitrus menyediakan pektin, serat larut yang menarik kolesterol keluar dari sistem Anda.

Ditambah dengan vitamin C yang melimpah, buah ini adalah pilihan tepat untuk menjaga arteri Anda tetap bersih dan sehat.

Apel

Sebuah pepatah mengatakan, "Sebuah apel sehari, dokter pun menjauh hari." Tidak heran, karena kandungan pektin dalam apel berperan aktif dalam menurunkan kolesterol. Ditambah lagi dengan polifenol yang ada di dalamnya, apel menjadi tameng yang kuat melawan aterosklerosis.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x