Kompas TV lifestyle kesehatan

15 Manfaat Teh Daun Jambu Biji untuk Kesehatan, Termasuk Dapat Meredakan Sakit Gigi!

Kompas.tv - 9 November 2023, 15:05 WIB
15-manfaat-teh-daun-jambu-biji-untuk-kesehatan-termasuk-dapat-meredakan-sakit-gigi
Ilustrasi. buah dan daun jambu biji yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan (Sumber: Jenwis on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Daun jambu biji sudah sejak lama dikenal memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari daun jambu biji adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk teh.

Dikutip dari NDTV Food, meskipun bukan sumber utama vitamin dan mineral, teh daun jambu biji kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Berikut 15 manfaat teh daun jambu biji.

15 Manfaat Teh Daun Jambu Biji

1. Mengatasi Diare

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo menunjukkan, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, bakteri yang sering menjadi penyebab diare.

Sakit perut, dan mencret diyakini akan berkurang jika penderita diare meminum teh herbal ini. Selain itu, proses pemulihan pun dipercaya menjadi lebih cepat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat menambahkan daun dan akar jambu biji ke dalam secangkir air mendidih, saring airnya dan konsumsi saat perut kosong.

2. Menurunkan Kolesterol

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Nutrition and Metabolism menunjukkan, mengonsumsi teh daun jambu biji dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Hal tersebut dibuktikan dari peserta penelitian yang mengonsumsi teh daun jambu biji selama delapan minggu, dan mengalami penurunan kadar kolesterol yang signifikan.

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Mengatasi Asam Urat

3. Mengatur Gula Darah

Teh daun jambu biji diyakini dapat menghambat beberapa enzim berbeda yang mengubah karbohidrat di saluran pencernaan menjadi glukosa, dan berpotensi memperlambat penyerapannya ke dalam darah.

Hal itu ditemukan dalam sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Nutrition and Metabolism.

Tidak hanya itu, senyawa yang terkandung dalam teh daun jambu biji dipercaya dapat membantu mengatur kadar gula darah setelah makan, dengan menghambat penyerapan dua jenis gula, yakni sukrosa dan maltosa.

Oleh karena itu, teh herbal ini sangat membantu penderita gejala diabetes dalam mengelola kadar gula darah.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Daun jambu biji membantu mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula, sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan. Mengonsumsi teh daun jambu biji secara teratur dapat menjadi alternatif selain menjalani diet.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Ahli gizi yang berbasis di Bangalore, India, Dr. Anju Sood mengungkapkan, daun jambu biji dapat menurunkan risiko kanker terutama kanker payudara, prostat, dan mulut - karena jumlah antioksidan likopen yang tinggi.

Hal ini juga didukung oleh berbagai penelitian yang mengungkapkan, likopen berperan penting dalam menurunkan risiko kanker.

6. Meredakan Pilek dan Batuk



Sumber : NDTV Food



BERITA LAINNYA



Close Ads x