Kompas TV lifestyle kesehatan

Bisa Dicoba, Ini 9 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Kompas.tv - 23 November 2023, 20:00 WIB
bisa-dicoba-ini-9-cara-menurunkan-kolesterol-secara-alami
Perbedaan kolesterol dan trigliserida tinggi yang memicu penyakit jantung dan stroke berikut gejalanya. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan tubuh. Terlebih, berbagai penyakit akibat kolestrol tinggi tidak memiliki gejala yang jelas. 

Oleh karena itu, naiknya kolesterol dalam darah seringkali tidak disadari oleh penderita. Dikutip dari Healthline, kolesterol adalah zat lilin yang dihasilkan oleh hati maupun makanan yang dikonsumsi. 

Dalam keadaan normal, kolesterol diperlukan supaya tubuh bisa berfungsi secara normal. Sebab, zat lilin ini diproduksi secara alami untuk membentuk hormon, menghasilkan vitamin D, dan melancarkan pencernaan. 

Akan tetapi, kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang berlebih akan meningkatkan risiko serangan jantung, gangguan fungsi ginjal, diabetes, dan stroke. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol dalam kisaran yang sehat.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 8 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

Untungnya, ada beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Berikut cara menurukan kolestrol secara alami dengan cepat:

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran kaya akan nutrisi penting, termasuk serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Serat membantu mengikat kolesterol dan mencegahnya diserap ke dalam aliran darah. 

Beberapa pilihan buah dan sayuran yang baik untuk menurunkan kolesterol termasuk apel, wortel, brokoli, dan bayam.

2. Batasi Lemak Jenuh dan Kolesterol

Lemak jenuh dan kolesterol ditemukan dalam daging merah, produk susu berlemak, dan makanan olahan lainnya. Mengurangi asupan makanan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. 




Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x