Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat! Ini 11 Manfaat Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan Tubuh, Berdasarkan Penelitian

Kompas.tv - 25 November 2023, 03:00 WIB
catat-ini-11-manfaat-air-rebusan-jahe-untuk-kesehatan-tubuh-berdasarkan-penelitian
Ilustrasi Jahe Merah (Sumber: Gramedia.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Jahe merupakan rempah-rempah khas Indonesia, yang bukan hanya memberikan cita rasa istimewa pada masakan, tetapi juga telah dikenal sejak lama sebagai obat alami berupa air rebusan.

Tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae ini memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, yang telah dipercaya dapat membantu meningkatkan pergerakan saluran pencernaan. 

Air rebusan jahe biasanya digunakan untuk pengobatan rumahan seperti meredakan sakit perut, mual dan pereda nyeri.

Namun lebih dari itu, air rebusan jahe juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh, seperti yang dilansir dari laman Healthline berikut ini.

1. Melawan Flu, Pilek, dan Sakit Tenggorokan

Jahe mengandung shogaol, gingerol, dan zingerone yang efektif melawan flu dan pilek. Tidak hanya itu, sensasi hangat yang dirasakan setelah mengonsumsi air rebusan jahe juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan infeksi.

2. Membantu Meredakan Nyeri Haid

Salah satu manfaat air rebusan jahe yang populer di kalangan masyarakat adalah kemampuannya yang dapat meredakan dismenore, atau yang sering dikenal dengan nyeri haid.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Christopher D. Black dalam jurnalnya Ginger (Zingiber Officinale) Reduces Muscle Pain Caused by Eccentric Exercise, telah membuktikan bahwa jahe sangat efektif untuk membantu meredakan nyeri haid dan nyeri otot.

Bahkan faktanya, air rebusan jahe lebih efektif daripada acetaminophen, kafein, dan ibuprofen dalam meredakan nyeri haid.

Oleh karena itu, mengonsumsi air rebusan jahe terutama pada hari menstruasi adalah solusi tepat untuk meminimalisir rasa nyeri dan membuat perut terasa nyaman.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat!

3. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi dapat mempengaruhi risiko penyakit jantung. Hal ini didukung oleh Peneliti Mohammad Asghari-Jafarabadi dan Leila Khalili, yang melakukan 26 percobaan pada tahun 2022.

Dari percobaan tersebut, mereka menemukan bahwa mengonsumsi air rebusan jahe secara signifikan dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL, sekaligus meningkatkan kolesterol HDL. 

4. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Senyawa kimia yang terkandung dalam air rebusan jahe dipercaya dapat membantu meredakan sakit perut dan melancarkan pencernaan.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang berjudul The Effect of Ginger (Zingiber officinalis) and Artichoke (Cynara cardunculus) Extract Supplementation on Functional Dyspepsia: A Randomised, Double-Blind, and Placebo-Controlled Clinical Trial.

Dalam penelitian tersebut, telah dibuktikan bahwa mengonsumsi air rebusan jahe dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan dengan mempercepat pergerakan makanan melalui perut.

5. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Air rebusan jahe memiliki sifat antikanker karena gingerol, antiinflamasi, dan berbagai senyawa antioksidan yang terkandung didalamnya.



Sumber : Healthline.com



BERITA LAINNYA


VOD

Spesial HUT ke-59 Harian Kompas

28 Juni 2024, 11:50 WIB

Close Ads x