Kompas TV lifestyle kesehatan

Catat! 10 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak dan Imunitas

Kompas.tv - 28 November 2023, 21:00 WIB
catat-10-manfaat-daun-mint-untuk-kesehatan-tubuh-dapat-meningkatkan-kekuatan-otak-dan-imunitas
Ilustrasi daun mint (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Daun mint adalah salah satu bahan yang telah dikenal masyarakat sebagai obat alami, serta menjadi salah satu sumber yang kaya zat besi, kalium, dan mangan, yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan meningkatkan fungsi otak

Tidak hanya itu, daun mint juga mengandung nutrisi, antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, dan B-kompleks, fosfor, kalsium, serta mengandung sifat anti-bakteri.

Kandungan-kandungan tersebut baik untuk kesehatan tubuh dalam mengobati atau meredakan berbagai macam penyakit, seperti yang dikutip dari GridHealth.id, berikut ini:

1. Mengobati gangguan pencernaan

Daun mint dapat bertindak sebagai obat anti-spasmodik berkat metanolnya, sehingga dapat membantu mempromosikan sistem pencernaan dengan merangsang enzim pencernaan.

Selain itu, minyak mint juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat meredakan gangguan pencernaan, infeksi perut, dan berbagai penyakit lainnya.

2. Meredakan irritable bowel syndrome

Irritable Bowel Syndrome adalah penyakit umum pada sistem pencernaan yang menjadi penyebab sakit perut, sembelit, diare, kembung, dan gangguan pencernaan.

Penyakit ini biasanya memerlukan perawatan utama yang penting seperti merubah pola makan. Namun, penelitian menunjukan bahwa minyak mint dapat menjadi alternatif untuk meredakan penyakit tersebut. 

Hal ini dikarenakan minyak mint mengandung senyawa yang disebut mentol, yang dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Baca Juga: 9 Manfaat Air Rebusan Daun Sirih untuk Kesehatan, Termasuk Dapat Mencegah Kanker dan Sakit Lambung!

3. Mengobati keluhan pernapasan

Daun mint sangat dianjurkan untuk penderita asma, karena daun mint dapat memberikan efek menenangkan, serta dapat meredakan sesak di dada.

Tidak hanya itu, mentol yang tekandung dalam daun mint juga dapat menjadi obat untuk membersihkan hidung tersumbat, serta mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

4. Perawatan mulut

Mengunyah daun mint dapat menghilangkan bau yang menyengat di mulut, dan menyegarkan napas secara instan karena memiliki sifat kuman, yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri mulut dan menjaga rongga mulut tetap bersih.

Selain itu, ekstrak daun mint juga dapat membantu membersihkan deposisi plak pada gigi. Oleh karena itu, banyak pasta gigi, obat kumur, atau permen karet yang mengandung mentol.




Sumber : Health.Grid.Id


BERITA LAINNYA



Close Ads x