Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Silent Walking yang Tren di TikTok

Kompas.tv - 29 November 2023, 10:00 WIB
5-manfaat-silent-walking-yang-tren-di-tiktok
Ilustrasi jalan kaki. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Silent walking atau jalan kaki tanpa suara menjadi olahraga yang tengah tren di media sosial, terutama TikTok. Silent walking berubah menjadi tren setelah kreator konten, Mady Maio mengunggah sebuah saran yang diterimanya dari ahli gizi.

Ahli gizi tersebut menyarankannya untuk berjalan kaki selama 30 menit sehari. Pengalaman itu kemudian diikuti oleh beberapa kreator konten TikTok lainnya. 

Silent walking dilakukan oleh seseorang tanpa menggunakan headphone untuk mendengarkan musik, podcast, dan sebagainya. Melansir laman Eating Well, silent walking diadaptasi dari sebuah praktik yang diajarkan kaum Buddha, yakni olahraga dilakukan dalam sesi meditasi. 

Baca Juga: Sebelum Konser, Chris Martin Jalan Kaki di Jakarta Tanpa Sendal

Jalan kaki tanpa suara memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental.

Berikut manfaat silent walking yang tengah tren di TikTok.

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Silent walking pada pagi atau sore hari memberi ketenangan pada pikiran seseorang. Pasalnya, suara dari bunyi notifikasi ponsel yang terus-menerus diterima sepanjang hari ternyata dapat membuat otak tidak beristirahat. 

Akibatnya, hal itu memicu kecemasan, kelelahan, dan kehilangan memori. Silent walking tidak hanya memberi ketenanga, tetapi juga menghemat energi dalam tubuh.

2. Meningkatkan Daya Kreativitas

Saat pikiran dipenuhi dengan berbagai macam hal, seseorang akan kesulitan memikirkan hal-hal baru yang kreatif dan inovatif. Sebaliknya, ketika otak merasa tenang, ide-ide baru akan bermunculan.

Begitupun ketika seseorang sedang melakukan aktivitas silent walking. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan daya fokus pada pekerjaan.

3. Memperbaiki Konsentrasi

Silent walking melatih otak untuk lebih fokus pada berbagai hal. Saat melakukan silent walking, seseorang akan memfokuskan semua energi dengan alam sehingga meningkatkan konsentrasi.

Hal tersebut akan berdampak pada produktivitas seseorang. 

4. Mengurangi Rasa Malas

Aktivitas jalan kaki membuat tubuh bergerak aktif dan sehat. Hal ini membantu menghilangkan rasa malas dan mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang baru.

Silent walking tidak hanya akan membuat seseorang merasa energik, tetapi juga lebih produktif.

Baca Juga: Jalan Kaki Olahraga Murah dan Mudah, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Bikin Tidur Lebih Nyenyak!

5. Membuat Pikiran Lebih Positif

Silent walking dapat membantu seseorang untuk lebih bersyukur dan menghargai hidup. Hal ini dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Terlebih, berjalan kaki mampu memberikan dampak positif bagi pikiran. Apalagi jika aktivitas tersebut dilakukan di ruang terbuka, menghabiskan lebih banyak waktu di alam bisa menjernihkan pikiran.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x