Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Manfaat Temulawak yang Perlu Diketahui, dari Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Diabetes

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 19:30 WIB
10-manfaat-temulawak-yang-perlu-diketahui-dari-menurunkan-kolesterol-hingga-mencegah-diabetes
Ilustrasi. Bagian-bagian temulawak mulai dari akar, rimpang, batang, daun, hingga bunganya, dapat dimanfaatkan. Simak 10 manfaat temulawak untuk kesehatan. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman obat yang mudah ditemukan di Indonesia. Bagian-bagiannya mulai dari akar, rimpang, batang, daun, hingga bunganya, dapat dimanfaatkan.

Menurut buku Tanaman Potensial Berkhasiat Obat karya Dr. Suharman, temulawak mengandung kurkuminoid, sebuah zat warna alami yang rentang warnanya meliputi kuning hingga merah jingga.

Kurkuminoid ini memiliki berbagai kegunaan, seperti sebagai pewarna dalam makanan, minuman, dan kosmetik.

Selain itu, kurkuminoid memiliki sifat antibakteri dan antivirus, yang menjadikannya sebagai bahan obat herbal yang aman dikonsumsi untuk anak-anak hingga orang dewasa.

10 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Dikutip dari Kontan.co.id, berikut 10 manfaat temulawak sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan kolesterol 

Dikutip dari Kompas.com, temulawak telah terbukti memiliki efek positif dalam menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Dengan mengonsumsi temulawak secara teratur selama empat minggu, ditemukan adanya penurunan signifikan pada kadar kolesterol total dalam tubuh.

Temulawak menjadi pilihan yang efektif untuk mengelola tingkat kolesterol dan mempertahankan kesehatan secara keseluruhan.

2. Mengobati batuk pada anak

Temulawak telah terbukti memiliki sifat farmakologis yang efektif sebagai pengobatan batuk, sehingga dapat menjadikannya alternatif yang baik untuk anak-anak yang enggan mengonsumsi obat-obatan.

Untuk membuat obat herbal batuk menggunakan temulawak, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sederhana seperti 1 jari temulawak, 1 sendok makan madu, 1 potong jeruk nipis, dan 1 gelas air.

Prosesnya pun cukup mudah, yaitu dengan merebus temulawak dalam air selama sekitar 15 menit, menyaringnya, dan kemudian mendinginkannya.

Tambahkan perasan jeruk nipis dan madu ke dalam ramuan tersebut, lalu konsumsilah hingga habis untuk merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Belum Banyak Orang Tahu, Ini Manfaat Air Rebusan Lengkuas untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya!

3. Mengatasi demam pada anak 

Jika anak mengalami demam, temulawak dapat menjadi solusi efektif untuk menurunkan suhu tubuhnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup siapkan 1 jari temulawak, 3 biji bunga cengkeh, 5 batang meniran, dan 1 1/2 gelas air.

Rebuslah semua bahan tersebut selama 15 menit, kemudian saring dan biarkan hingga dingin. Konsumsilah obat herbal ini sebanyak 1/2 gelas, sebanyak 3 kali sehari, atau teruskan hingga demam mereda. 

4. Meredakan Maag 

Dikutip dari buku Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit karya Efi Afifah, temulawak terbukti mengandung berbagai zat bermanfaat seperti kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh.

Salah satu kegunaan temulawak sebagai tanaman obat adalah mengobati maag. Kandungan selulosa dalam temulawak membantu meningkatkan proses pencernaan.

Tak hanya itu, flavonoid dan kurkumin yang terdapat dalam temulawak juga berperan dalam menangkap radikal bebas dan melindungi mukosa atau dinding lambung.

Dengan demikian, temulawak dapat diandalkan sebagai alternatif alami untuk meredakan masalah maag dan memberikan perlindungan terhadap lambung.

5. Mengatasi Asam urat 

Dalam buku berjudul 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan yang ditulis oleh Yusuf CK Arianto dijelaskan bahwa temulawak merupakan sumber kurkumin.



Sumber : Kontan.co.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x