Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Teh Jati Cina untuk Kesehatan dan Cara Pembuatannya

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 02:00 WIB
5-manfaat-teh-jati-cina-untuk-kesehatan-dan-cara-pembuatannya
Ilustrasi teh (Sumber: soultea.de/André Helbig)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Teh jati cina atau senna alexandrina merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama digunakan untuk pengobatan tradisional. Teh ini memiliki rasa yang pahit dan khas, serta memiliki kandungan senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari laman Health Lina, teh jati cina kerap digunakan sebagai obat atau jamu tradisional untuk melancarkan sembelit. Teh jenis ini memiliki senyawa pencahar yang disebut glikosida antrakinon yang terbukti mampu untuk melancarkan buang air besar.

Tidak hanya itu, teh jati cina juga memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut manfaat teh jati cina untuk kesehatan.

Baca Juga: Minum 6 Teh Ini Dapat Meringankan Gejala Flu saat Musim Hujan Tiba

1. Sumber antioksidan

Teh jati cina juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan berperan penting untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit degeneratif lainnya.

Teh jati cina mengandung berbagai senyawa antioksidan, termasuk flavonoid, fenolik, dan tanin. Senyawa-senyawa ini dapat membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

2. Mengobati penyakit diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh jati cina dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini dikarenakan teh ini dapat meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Insulin adalah hormon yang berperan penting dalam mengatur kadar gula darah. Insulin membantu sel-sel tubuh untuk menyerap gula dari darah. Sensitivitas insulin adalah kemampuan sel-sel tubuh untuk merespons insulin.

Teh jati cina mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu meningkatkan produksi insulin dan sensitivitas insulin.

3. Mengobati penyakit asam urat

Teh jati cina juga dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Hal ini karena kandungan senyawa polifenol di dalam daun jati cina dapat menghambat enzim xanthine oxidase. 

Enzim ini berperan dalam pembentukan asam urat dalam tubuh. Asam urat adalah senyawa yang terbentuk ketika tubuh memecah purin. 

Purin adalah senyawa yang terdapat dalam makanan, seperti daging, ikan, dan jeroan.

4. Mencegah penyakit wasir




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x