Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Jenis Teh Ini Dianggap Paling Baik untuk Kesehatan Tubuh, Ada Teh Hijau dan Jahe!

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 03:00 WIB
10-jenis-teh-ini-dianggap-paling-baik-untuk-kesehatan-tubuh-ada-teh-hijau-dan-jahe
Ilustrasi Teh Herbal (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Teh adalah minuman terbanyak kedua di dunia setelah air mineral, yang hadir dalam berbagai jenis, termasuk putih, hitam, hijau, oolong, herbal, dan pu'erh.

Banyak yang menyukai teh karena cita rasanya yang ringan, dan tidak menyebabkan mual atau pusing. Oleh karena itu, kebanyakan orang memilih untuk menikmati teh di pagi hari sebelum beraktivitas dan ketika bersantai dalam waktu luang mereka.

Teh tidak hanya dikenal sebagai minuman yang nikmat, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan sesuai dengan jenis-jenis variannya.

Berikut adalah 10 jenis teh yang dianggap paling baik untuk kesehatan tubuh, berdasarkan informasi dari berbagai sumber.

1. Teh Chamomile

Teh chamomile seperti yang dikutip oleh HealthLine, terkenal dengan berbagai manfaatnya, termasuk kemampuannya dalam meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa teh ini dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi.

Hal ini dikarenakan teh chamomile memiliki sifat antispasmodik yang dapat membantu mengurangi masalah pramenstruasi seperti kecemasan dan kram.

Selain itu, teh chamomile juga memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, serta dapat membantu melindungi hati, membantu pengobatan diare, dan sakit maag.

Baca Juga: Simak 9 Jenis Teh yang Direkomendasikan agar Kulit Sehat dan Bercahaya, Ada Teh Favoritmu?

2. Teh Hijau

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas dan mengatasi stres oksidatif di dalam tubuh.

Oleh karena itu, teh hijau memiliki kemampuan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang signifikan, termasuk perlindungan terhadap kulit.

Teh hijau juga berperan dalam mencegah penyumbatan arteri serta meningkatkan aliran darah yang lancar dan teratur ke seluruh tubuh. Dengan demikian, hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Teh hijau juga mengandung tingkat polifenol yang tinggi, membantu dalam pencegahan peradangan tubuh karena memiliki sifat antiinflamasi.

3. Teh Peppermint

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa teh peppermint memiliki kemampuan dalam membantu mengurangi masalah pencernaan seperti mual, kram, dan sakit perut.

Di samping itu, penelitian lain menunjukan bahwa teh peppermint juga memiliki peran dalam meredakan kejang pada usus, kerongkongan, dan usus besar.

4. Teh Jahe

Seperti yang dilaporkan oleh HealthyMe, teh jahe adalah minuman hangat yang kaya akan antioksidan, memberikan perlindungan terhadap peradangan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, konsumsi teh jahe juga memiliki manfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan selama masa menstruasi.

Teh jahe juga memiliki peran dalam mengatur kadar gula darah dan lipid dengan membatasi pelepasan enzim yang dapat menghambat penyerapan insulin dalam tubuh.

Menurut studi, jahe dapat membantu mengurangi mual, terutama di awal kehamilan. Selain itu, jahe juga membantu mengatasi mual akibat terapi kanker dan mabuk perjalanan. Karena sifat antiinflamasinya, jahe juga membantu mencegah sakit maag dan meredakan gangguan pencernaan atau sembelit.

Selain itu, mengonsumsi teh jahe juga bermanfaat untuk meredakan ketidaknyamanan ketika menstruasi, dan berperan untuk mengatur kadar gula darah dan lipid karena membatasi pelepasan enzim yang mengganggu penyerapan insulin dalam tubuh.




Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x