Kompas TV lifestyle travel

Inilah Daftar Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Bandara

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 07:30 WIB
inilah-daftar-negara-di-dunia-yang-tidak-memiliki-bandara
St. Peter’s Basilica, gereja yang terletak di Vatikan ini bisa menampung hingga 60.000 orang. (Sumber: Gramedia.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada beberapa negara di dunia yang uniknya tidak memiliki bandar udara (bandara). Meski mungkin sulit dipercaya, namun fakta ini benar adanya.

Meski tidak memiliki bandara, negara-negara ini telah secara efektif menunjukkan bahwa bandara bukanlah fasilitas umum yang wajib dimiliki oleh sebuah negara.

Sebaliknya, negara-negara ini berbagi sumber daya dengan negara-negara tetangganya. Namun, di sejumlah negara, ketiadaan bandara bukanlah suatu pilihan, melainkan karena keterbatasan geografis yang tidak memungkinkan adanya bandara.

Baca Juga: Negara Ini Masih di Tahun 2016 saat Mayoritas Negara Lain Menuju 2024, Ini Penjelasannya

Berikut adalah lima negara yang tidak memiliki bandara:

1. Vatikan 

Vatikan bukan hanya sebuah negara kota yang mandiri, namun juga merupakan negara terkecil di dunia. Ia tidak memiliki bandara sendiri, sehingga Anda perlu mendarat di Roma, yang memiliki dua bandara internasional, baru kemudian berkendara ke Vatikan.

2. San Marino

Sama seperti Vatikan, San Marino juga merupakan negara kecil yang berada di tengah Italia, dan juga tidak memiliki bandara.

Meski demikian, San Marino tidak mengalami kesulitan untuk akses penerbangan, karena hanya berjarak 14 kilometer dari Bandara Internasional Federico Fellini, di Rimini, Italia.

3. Monako 

Monako dikelilingi di tiga sisi oleh Perancis dan di satu sisi oleh Laut Mediterania. Ia merupakan negara terkecil kedua di dunia setelah Vatikan.

Baca Juga: Indonesia Masuk 10 Daftar Negara dengan Tinggi Badan Terpendek Di Dunia

Karena tidak memiliki bandara, untuk mencapai Monaco, Anda harus naik perahu atau mobil setelah mendarat di Bandara Nice Cote d’Azur di Prancis.

4. Liechtenstein 

Liechtenstein juga merupakan negara yang tidak memiliki bandara. Ia berbatasan dengan Austria dan Swiss, dengan bandara terdekat adalah St. Gallen, Altenrhein di Swiss.

Para turis bisa masuk dengan menggunakan mobil atau sistem kereta api populer dari stasiun kereta terdekat di Swiss atau Austria.

5. Andorra 

Negara terakhir yang tidak memiliki bandara adalah Andorra. Ia terkurung dalam daratan di perbatasan antara Spanyol dan Prancis.

Andorra hanya dapat dituju melalui jalur darat lewat Prancis atau Spanyol. Dua dari bandara internasional utama di dekatnya adalah bandara Toulouse di Prancis dan bandara Barcelona di Spanyol

Baca Juga: Simak! Infografis Daftar Negara dengan Paspor Terkuat Tahun 2023


 

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x