Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Mengangkat Kaki ke Tembok, Mengurangi Stres hingga Melancarkan Pencernaan

Kompas.tv - 9 Februari 2024, 06:50 WIB
6-manfaat-mengangkat-kaki-ke-tembok-mengurangi-stres-hingga-melancarkan-pencernaan
Pose sikap lilin atau legs up the wall. Dalam bahasa Sansekerta, pose ini juga dikenal sebagai viparita karani. (Sumber: everydayyoga.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kebiasaan mengangkat kaki ke tembok ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Pose yang mudah dilakukan ini tak hanya menawarkan relaksasi, tetapi juga solusi alami untuk berbagai keluhan kesehatan.

Pose ini familiar dengan nama sikap lilin atau legs up the wall. Dalam bahasa Sansekerta, pose ini juga dikenal sebagai viparita karani dan berarti beraksi terbalik.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut manfaat mengangkat kaki ke tembok untuk kesehatan.

Baca Juga: Tren Diet Water Fasting, Ini Penjelasan dan Dampak Buruknya bagi Kesehatan

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Posisi kaki yang lebih tinggi membantu melawan gravitasi sehingga melancarkan aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Current Treatment Options in Cardiovascular Medicine pada 2017, posisi ini juga dapat membantu drainase limfatik dan penumpukan cairan untuk membantu mengurangi pembengkakan kaki.

Mengangkat kaki ke tembok akan membalikkan posisi alaminya. Karena itu, dapat mengurangi tekanan gravitasi pada pembuluh darah untuk memungkinkan sirkulasi yang lebih baik. 

2. Meringankan nyeri dan kelelahan otot

Mengangkat kaki ke tembok membantu mengurangi ketegangan otot di kaki, paha, dan punggung. Ini bermanfaat bagi orang yang banyak berdiri atau duduk, atlet, dan individu dengan kondisi seperti plantar fasciitis atau sciatica.

Pose ini meregangkan otot hamstring, betis, dan paha belakang, meningkatkan fleksibilitas dan jangkauan gerak.

3. Memperkuat imun tubuh



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x