Kompas TV lifestyle travel

Jadwal dan Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 19:00 WIB
jadwal-dan-cara-pemesanan-tiket-kereta-api-lebaran-2024
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau KAI menandatangani kontrak kerja sama dengan Progress Rail untuk pengadaan 54 lokomotif. Progress Rail anak perusahaan Caterpillar, perusahaan produsen alat berat yang berasal dari Amerika Serikat (AS). (Sumber: KAI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah memulai penjualan tiket untuk perjalanan kereta api periode Lebaran tahun 2024 hari ini Kamis (15/2/2024).

Penjualan ini dibuka untuk tiket-tiket kereta dengan tanggal keberangkatan pada 31 Maret 2024, yang bertepatan dengan H-10 sebelum hari Lebaran.

Sesuai kebijakan yang diterapkan oleh PT KAI, penjualan tiket untuk perjalanan jarak jauh dibuka 45 hari sebelum tanggal keberangkatan yang diinginkan.

Baca Juga: Stasiun Tugu Yogyakarta Direnovasi, Ada Penyesuaian Akses Penumpang

Dalam memudahkan calon penumpang untuk merencanakan perjalanannya, PT KAI telah menyusun jadwal reservasi tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 2024 dengan rinci.

Jadwal ini dapat diikuti mulai dari tanggal 15 Februari untuk keberangkatan pada 31 Maret (H-10 Lebaran), berlanjut secara bertahap hingga tanggal 7 Maret 2024 untuk keberangkatan pada 21 April 2024 (H+10 Lebaran).

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Tiket Penyeberangan Dermaga Eksekutif Merak-Bakauheni

Cara Pemesanan Tiket Kereta Lebaran 2024

Tiket untuk periode Lebaran 2024 dapat diperoleh melalui berbagai kanal resmi yang telah disediakan oleh PT KAI, termasuk aplikasi Access by KAI, situs web resmi kai.id, serta berbagai kanal pemesanan tiket kereta api lainnya yang telah disahkan.

Adapun layanan penjualan tiket langsung di loket stasiun akan tersedia untuk tiket go show, yang dijual mulai tiga jam sebelum keberangkatan kereta.

Baca Juga: Liburan Murah Naik Bus Wisata Jakarta yang Gratis, Ini 4 Rutenya

VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, menekankan pentingnya kecermatan dalam memasukkan informasi saat melakukan pemesanan tiket.

Dari memilih tanggal keberangkatan yang tepat, menentukan rute perjalanan, hingga memasukkan data diri dengan benar.

Joni juga mengingatkan para calon penumpang untuk merencanakan perjalanan ke stasiun dengan cermat, menghindari kemungkinan tertinggal kereta karena keterlambatan.

"Rencanakan perjalan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," kata Joni dalam keterangan tertulis dikutip dari Kompas.com.

Mengantisipasi lonjakan permintaan tiket selama musim Lebaran, PT KAI telah menerapkan sistem antrean pada aplikasi Access by KAI dan website kai.id.

Sistem ini dirancang untuk memberikan kepastian layanan kepada calon penumpang, khususnya selama periode puncak seperti Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.\

Sistem antrean ini akan memberikan estimasi waktu tunggu kepada calon penumpang, yang diharapkan untuk tidak menutup jendela browser agar tetap terhubung dengan sistem.

Dengan perencanaan yang matang dan memanfaatkan informasi yang tersedia, perjalanan Lebaran Anda bersama PT Kereta Api Indonesia diharapkan akan berlangsung lancar dan menyenangkan.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x