Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa untuk Jaga Kesehatan Rahim, Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 21:00 WIB
8-bahan-alami-ini-ternyata-bisa-untuk-jaga-kesehatan-rahim-ada-apa-saja
Ilustrasi air lemon. Bahan ini menjadi salah satu dari bahan yang bisa untuk menjaga kesehatan rahim Anda. (Sumber: Freepik/dashu83)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rahim merupakan organ penting yang harus mendapatkan perhatian khusus bagi perempuan. Menjaga kebersihan dan kesehatan rahim harus dilakukan untuk mengurangi resiko penyakit, baik hormonal maupun penyakit lainnya. 

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ repoduksi ini, mulai dari menjaga pola hidup sehat hingga mengonsumsi berbagai rempah-rempah alami.

Melansir laman Healthline, berikut beberapa rempah yang baik untuk kesehatan dan kebersihan rahim. 

1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Tingginya vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga cocok digunakan sebagai bahan detoks organ reproduksi perempuan dan organ lainnya.

Baca Juga: Mengenal Kanker Sarkoma yang Diderita Alice Norin dan Bedanya dengan Kanker Rahim

2. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memberikan pigmen kuning para rempah ini. Kurkumin pada kuniyt memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, dan antimikroba.

Kunyit dapat mendukung detoksifikasi rahim yaitu meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Rempah ini juga dapat membantu pengobatan sindrom ovarium polikistik (PCOS), mencegah preeklamsia pada ibu hamil, serta mencegah dan mengobati kanker serviks.

3. Ketumbar

Selain menjadi salah satu bumbu dapur, ternyata ketumbar juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rahim. Ketumbar mengandung stimulan alami yang mampu merangsang kelenjar endokrin berfungsi untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Penelitian yang unggah urnal Kesehatan Lingkungan pada 2018 menyebut, ketumbar memiliki  18 senyawa aktif yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, ketumbar mengandung minyak atsiri sebanyak 0,4 hingga 1,1 persen yang bersifat antibiotik. 

kandungan tersebut cukup ampuh merusak protein bakteri atau mikroba jahat sehingga mikroba tersebut mati. Anda dapat mengonsumsi enam biji ketumbar yang direbus dalam setengah liter air dan ditambah dengan satu sendok teh gula ini juga dapat mengatasi gangguan menstruasi yang tidak teratur. 

4. Kapulaga

Selain dikenal sebagai rempah-rempah untuk penguat cita rasa makanan, kapulaga juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk menjaga kesehatan rahim. 



Sumber : Kompas TV, Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x