Kompas TV lifestyle kesehatan

Kaya Vitamin, Ini 6 Manfaat Hati Ayam untuk Kesehatan

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 16:05 WIB
kaya-vitamin-ini-6-manfaat-hati-ayam-untuk-kesehatan
Penjual daging ayam potong di pasar. (Sumber: KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO (TOK))
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hati ayam sering kali dianggap sebagai bagian jeroan yang kurang sehat. Padahal, bagian organ ayam ini adalah superfood yang menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari laman WebMD, hati ayam mengandung banyak protein, zat besi, dan vitamin B. Makanan ini juga salah satu sumber vitamin A hewani terbaik.

Asupan vitamin A yang cukup dikaitkan dengan penurunan risiko kondisi seperti katarak dan kanker payudara. Vitamin jenis ini larut dalam lemak yang bertindak seperti antioksidan.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Di Pasar Tradisional Terjadi Kenaikan

Berikut manfaat hati ayam untuk kesehatan:

1. Meningkatkan sel darah merah

Hati ayam adalah salah satu sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 bermanfaat bagi pembentukan sel darah merah dan meningkatkan fungsi sel. 

Hati ayam juga baik untuk fungsi sistem saraf, mendukung metabolisme dan kesehatan otak. Makan hati ayam dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah kelelahan, kelemahan otot, kabut otak, dan perubahan suasana hati.

2. Melawan anemia

Hati ayam adalah salah satu makanan terbaik untuk melawan anemia. Sebab, mengandung kombinasi kuat folat, zat besi, dan vitamin B.

Semua nutrisi tersebut adalah nutrisi yang Anda perlukan untuk mengatasi anemia dan mencegah atau mengobati gejala, seperti rendahnya energi, kelelahan, siklus menstruasi yang tidak teratur, atau masalah neurologis.

3. Mendukung kesuburan dan kehamilan

Manfaat hati ayam untuk kesehatan selanjutnya adalah mendukung kesuburan dan kehamilan. Hati ayam menyediakan protein, zat besi, folat, kolin, dan nutrisi penting lainnya untuk kesehatan reproduksi dan perkembangan janin.

Wanita hamil atau wanita yang sedang menyusui disarankan makan hati ayam karena membutuhkan lebih banyak B12 dari biasanya. kandungan ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayinya, termasuk otak dan organ tubuhnya.

Folat dalam kandungan hati ayam juga sangat penting selama kehamilan karena membantu mencegah cacat lahir dan kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

4. Menjaga kesehatan otot

Hati ayam dapat membantu memelihara massa otot Anda karena kandungan proteinnya yang cukup baik. Protein adalah makronutrien yang membantu banyak fungsi dalam tubuh, termasuk pemeliharaan massa otot.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x