Kompas TV lifestyle beauty and fashion

8 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 07:50 WIB
8-kandungan-skincare-yang-harus-dihindari-pemilik-kulit-sensitif
Ilustrasi. Kandungan skincare yang harus dihindari pemilik kulit sensitif. (Sumber: Nataliya Melnychuk on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memiliki kulit sensitif memang membutuhkan perhatian ekstra, salah satunya dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Kandungan skincare atau produk perawatan kulit yang tidak tepat dapat memicu reaksi alergi, iritasi, kemerahan, hingga rasa gatal yang tidak nyaman pada orang dengan kulit sensitif.

Dikutip dari laman Epiphany Dermatology, kulit sensitif ditandai dengan kondisi kulit yang memerah, kering, gatal, serta bruntusan. Selain faktor genetik, kulit sensitif juga bisa dipicu oleh penggunaan produk skincare yang salah.

Berikut kandungan skincare yang harus dihindari mereka yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga: Waspada Benzena, Zat Picu Kanker yang Ditemukan dalam Skincare High End di AS

1. Alkohol

Kandungan skincare yang harus dihindari kulit sensitif yang pertama adalah alkohol. Sebab alkohol akan membuat kulit kering dan semakin sensitif.

Alkohol juga akan menghilangkan kelembapan alami kulit. Biasanya, alkohol banyak terdapat pada produk pembersih wajah astringent yang membantu mengangkat sisa kosmetik dan kotoran pada wajah.

2. Wewangian atau fragrance

Pemilik kulit sensitif juga harus menghindari produk kecantikan atau skincare yang mengandung wewangian. Wewangian umumnya digunakan untuk menutupi aroma yang kurang sedap dari bahan-bahan pada produk perawatan wajah.

Namun, wewangian dapat membuat kulit sensitif menjadi kemerahan. Sebab, wewangian adalah campuran dari bahan-bahan alami dan kimia.

Apabila produk skincare memiliki aroma yang mencolok, bisa jadi terdapat bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit.

3. Minyak esensial

Kandungan skincare yang harus dihindari kulit sensitif selanjutnya adalah minyak esensial. Beberapa jenis minyak esensial tertentu seperti bergamot akan bereaksi saat terkena matahari.

Kandungan skincare jenis ini akan menghasilkan reaksi kimia dan enzim yang dapat memicu alergi. Sementara minyak esensial seperti dari tea tree oil, mint, jeruk, dan lavender harus digunakan dengan hati-hati.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x