Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Kulit Anda Berminyak? Hindari 6 Kandungan Skincare Ini

Kompas.tv - 28 Maret 2024, 09:45 WIB
kulit-anda-berminyak-hindari-6-kandungan-skincare-ini
Ilustrasi. 6 kandungan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak. (Sumber: Birgith Roosipuu on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kulit berminyak memang membutuhkan perawatan ekstra. Salah satunya dengan memilih produk perawatan kulit atau skincare yang cocok. 

Dikutip dari laman American Academy of Dermatology, produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, komedo, dan jerawat.

Oleh karena itu, penting untuk memilih produk skincare yang tepat dan menghindari kandungan yang dapat memperburuk kondisi kulit.

Berikut kandungan skincare yang harus dihindari pemilik kulit berminyak.

Baca Juga: Waspada Benzena, Zat Picu Kanker yang Ditemukan dalam Skincare High End di AS

​​1. Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Skincare yang mengandung minyak kelapa atau coconut oil harus dihindari jika Anda memiliki kulit berminyak. Meskipun minyak kelapa memiliki manfaat nutrisi dan pelembab yang baik untuk kulit, kandungan ini bersifat komedogenik. 

Bahkan minyak kelapa memiliki sifat komedogenik tinggi, artinya dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.  Hal ini dapat menyebabkan jerawat bagi orang dengan kulit berminyak.

2. Petroleum Jelly

Petroleum jelly adalah bahan oklusif yang akan membentuk lapisan di permukaan kulit yang mencegah hilangnya air. Hal ini dapat bermanfaat bagi kulit kering dengan membantu menjaga hidrasi.

Namun, pada kulit berminyak, petroleum jelly dapat menyumbat pori-pori. Hal ini berpotensi memperparah jerawat atau menyebabkan komedo.

Namun, penggunaan petroleum jelly dalam jumlah kecil dan terbatas pada area tertentu, seperti bibir atau area kering lainnya, umumnya aman untuk kulit berminyak.

3. Alkohol (Alcohol Denat)

Kandungan skincare yang harus dihindari kulit berminyak selanjutnya adalah alkohol. Produk berbahan dasar alkohol seperti toner memang dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x