Kompas TV lifestyle kesehatan

Kerap Dihindari, Ini 7 Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

Kompas.tv - 2 April 2024, 07:00 WIB
kerap-dihindari-ini-7-manfaat-kuning-telur-untuk-kesehatan
Ilustrasi kuning telur untuk diet. (Sumber: Unsplash/Jasmin Egger )
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sebagian orang kerap menghindari konsumsi kuning telur karena kandungan kolestrolnya yang tinggi. Kuning telur berukuran besar diketahui mengandung 184 miligram kolestrol.

Meski begitu, kuning telur mengandung banyak nutrisi penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kuning telur berasal dari embrio yang dibatasi oleh susunan protein atau membran vitelin. 

Jika dibandingkan dengan putih telur, kuning telur lebih banyak mengandung zat besi dan berbagai jenis vitamin lainnya. Dikutip dari laman Medical News Today, kuning telur mengandung vitamin B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K. 

Baca Juga: Degan Bakar Dicampur Rempah dan Kuning Telur, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Pengolahan kuning telur yang tepat dapat membuat makanan jenis ini jadi salah satu pilihan superfood yang baik untuk kesehatan.  Berikut manfaat kuning telur untuk kesehatan.

7 Manfaat kuning telur untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kuning telur untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan mata. Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula, penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

2. Meningkatkan fungsi otak

Kuning telur mengandung kolin, zat penting untuk perkembangan otak dan memori. Kolin juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Kuning telur adalah superfood yang mengandung vitamin D alami. Tubuh yang tercukupi kebutuhan vitamin D akan memiliki fungsi otot dan imun yang baik. 



Sumber : Medical News Today



BERITA LAINNYA



Close Ads x