Kompas TV lifestyle tren

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Menyengat Bangkai Tikus dari Rumah

Kompas.tv - 17 April 2024, 10:04 WIB
cara-ampuh-menghilangkan-bau-menyengat-bangkai-tikus-dari-rumah
Ilustrasi tikus sedang memakan biji-bijian. (Sumber: Pexels)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tikus merupakan salah satu hama rumah tangga yang kerap membuat jengkel banyak orang. Selain bisa menyebabkan kerusakan pada barang-barang di rumah, kehadirannya juga bisa menyisakan permasalahan lain yang tak kalah memusingkan, yakni bau menyengat bangkai tikus yang sulit ditemukan lokasi pastinya.

Bau ini begitu khas dan sangat menyengat, sering disamakan dengan bau kubis yang sudah membusuk. Sayangnya, bau bangkai tikus bisa bertahan selama beberapa hari bahkan setelah bangkainya dibuang atau dibersihkan.

Baca Juga: Tim Hukum Anies-Muhaimin Yakin Permohonan Gugatan MK Dikabulkan

Untuk itu, diperlukan pembersihan secara mendalam dan menyeluruh agar bau tak sedap ini benar-benar hilang sepenuhnya dari rumah.

Jika Anda sedang menghadapi masalah serupa, jangan khawatir! Berikut ini trik-trik ampuh yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau bangkai tikus dari rumah sebagaimana dilansir dari The Spruce, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga: Oboss Obyek Wisata Bernuansa Bali di Gorontalo

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Temukan dan singkirkan bangkai tikus terlebih dahulu. Langkah paling penting sebelum menghilangkan bau bangkai tikus adalah dengan menemukan dan menyingkirkan bangkainya.

Semakin lama membiarkan bangkai tikus di dalam rumah, semakin lama pula bau busuk yang ditimbulkannya akan bertahan. Ikuti jejak bau tersebut dengan mengandalkan indra penciuman Anda untuk menemukan lokasi pastinya.

Buka ventilasi dan datangkan udara segar. Setelah bangkai tikus berhasil disingkirkan, buka ventilasi di ruangan seperti pintu dan jendela agar udara segar bisa masuk.

Baca Juga: PDIP Jaring Nama-nama Potensial untuk Diusung di Pilkada Jakarta, Tri Rismaharini Disebut

Nyalakan kipas angin di dekat area yang tercium bau untuk mensirkulasikan udara segar lebih banyak lagi. Hal ini akan membantu meredakan bau bangkai tikus.

Gunakan paket arang aktif Arang aktif dikenal sebagai bahan yang sangat ampuh untuk menyerap bau tak sedap. Tempatkan beberapa bungkus paket arang aktif di sekitar area yang sebelumnya tercium bau bangkai tikus untuk menarik dan mengikat sisa-sisa bau tersebut.

Semprotkan pengharum ruangan atau bakar lilin aromaterapi. Untuk semakin menghilangkan jejak bau bangkai tikus dari rumah, Anda bisa menggunakan produk-produk seperti minyak atsiri, semprotan pengharum ruangan, atau membakar lilin aromaterapi.

Baca Juga: 3 Pemuda Ditangkap usai Anggota Polisi Bripda Oktovianus Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Yahukimo

Meskipun tidak benar-benar menghilangkan bau, produk-produk ini akan menutupi sisa bau tak sedap dengan aroma yang lebih menyenangkan.

Lakukan pembersihan menyeluruh jika bau bangkai tikus masih saja bertahan setelah melakukan langkah-langkah di atas, lakukan pembersihan secara menyeluruh pada area yang tercium bau dengan menggunakan deterjen dan desinfektan.

Jangan lupa menyemprotkan cairan pembersih ke dalam celah-celah dan rongga yang sulit dijangkau agar bau benar-benar hilang tuntas.

Dengan menerapkan trik-trik di atas secara telaten dan menyeluruh, bau menyengat bangkai tikus yang selama ini mengganggu akan lenyap dari rumah Anda dan digantikan dengan aroma segar yang menyegarkan. Kebersihan dan kenyamanan rumah pun akan terjaga dengan baik.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x