Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Minuman yang Bisa Gantikan Cairan Tubuh yang Hilang pada Penderita DBD

Kompas.tv - 27 April 2024, 14:06 WIB
4-minuman-yang-bisa-gantikan-cairan-tubuh-yang-hilang-pada-penderita-dbd
Ilustrasi. Air kelapa salah satu minuman yang dianjurkan bagi penderita demam berdarah dengue atau DBD yang kehilangan banyak cairan tubuh. (Sumber: Nipanan Lifestyle on Unsplash)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penderita demam berdarah dengue (DBD) perlu mendapat asupan cairan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sehat.

Ini lantaran kenaikan suhu tubuh dan muntah-muntah yang kerap terjadi pada pasien DBD mengakibatkan banyak cairan keluar dari tubuh dan memicu dehidrasi.

Dehidrasi yang parah bisa menyebabkan kebocoran plasma darah. Padahal, plasma darah mengandung banyak air.

Jika penderita demam berdarah dengue tidak segera mendapat asupan cairan setelah kebocoran plasma atau pembuluh darah, risiko syok dan meninggal dunia akan lebih besar.

Perlu diketahui, pemberian air putih saja tidak cukup untuk menggantikan cairan yang hilang. Ada beberapa minuman yang bisa membantu memulihkan cairan tubuh yang hilang. Berikut di beberapa di antaranya.

Baca Juga: PENTING! Berikut Ciri-ciri Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD)

Cairan isotonik

Dikutip dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), minuman pertama yang dianjurkan untuk penderita demam berdarah yaitu cairan isotonik. Cairan isotonik merupakan cairan yang dapat membantu mengatasi dehidrasi karena mengandung natrium (sodium) yang bisa mengatasi kekurangan elektrolit dengan cepat.

Oralit



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x