Kompas TV lifestyle kesehatan

Patut Waspada, Ini 7 Tanda Tubuh Overdosis Gula

Kompas.tv - 30 April 2024, 06:05 WIB
patut-waspada-ini-7-tanda-tubuh-overdosis-gula
Ilustrasi gula (Sumber: Mathilde Langevin on Unsplash)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gula merupakan sumber karbohidrat dan energi bagi tubuh. Tubuh kita menggunakan glukosa yang berasal dari makanan untuk memberi energi pada otak dan organ-organ kita. 

Gula juga membantu fungsi otak meningkat, agar tidak lamban dalam berpikir dan konsentrasi. Meski berguna untuk tubuh secara umum, asupan gula tidak boleh berlebihan.

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, direkomendasikan batas maksimum konsumsi gula per hari sebanyak 10 persen dari total energi yang 200 kkal. Konsumsi gula berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan, seperti risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan kardiovaskular.

Baca Juga: Harga Gula Pasir di pasar tradisional Pa’baeng-Baeng Makassar mengalami kenaikan

Tanda Tubuh Overdosis Gula

Melansir laman Healthline, kadar gula darah normal saat puasa berkisar antara 72-99 mg/dL, sedangkan kadar gula darah normal setelah makan tidak lebih dari 140 mg/dL. Tubuh akan memberikan beberapa tanda apabila gula darah dalam tubuh diatas batas normal. Berikut tanda tubuh overdosis gula yang patut diwaspadai.

1. Mudah lelah

Sering merasa lelah adalah salah satu tanda gula darah dalam tubuh tidak terkontrol. Gula merupakan salah satu sumber energi bagi tubuh. 

Namun, kadar gula yang tinggi dalam darah bisa mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah gula menjadi energi. Akibatnya, tubuh akan lemas dan cepat lelah.

2. Penglihatan buram dan sering pusing

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan lensa di mata akibat cairan bocor. Pembengkakan lensa tersebut diklaim dapat mengubah bentuk lensa sehingga penglihatan buram dan sulit fokus. 

Selain itu, penderita kadar gula darah tinggi juga akan sering mengalami sakit kepala.

3. Sering haus dan buang air kecil

Tanda tubuh overdosis gula selanjutnya adalah sering merasa harus dan buang air kecil. Sebab, penumpukan gula dalam darah juga dapat membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula.

Ketika ginjal tidak bisa mengimbanginya, kelebihan gula akan dikeluarkan melalui urine, sehingga buang air kecil bisa menjadi lebih sering dan cairan yang keluar lewat urine juga lebih banyak. Hilangnya banyak cairan lewat urine inilah yang menimbulkan rasa haus meski telah banyak minum.

4. Mudah lapar




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x