Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Buah yang Baik untuk Penderita Sindrom Polikistik Ovarium atau PCOS, Ada Apa Saja?

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 00:00 WIB
6-buah-yang-baik-untuk-penderita-sindrom-polikistik-ovarium-atau-pcos-ada-apa-saja
Ilustrasi - Perempuan denganPCOS berisiko lebih tinggi untuk penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol bersama dengan peningkatan prevalensi obesitas. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sindrom polikistik ovarium atau PCOS merupakan kelainan hormonal yang memengaruhi ovarium. Kondisi ini rentan terjadi pada perempuan remaja maupun usia subur.

Melansir laman Mayo Clinic, penyebab pasti PCOS belum diketahui. Namun, resistensi insulin menjadi salah satu faktor yang penyebab PCOS pada banyak kasus. 

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas untuk membantu sel mengontrol kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh. Jika sel resisten terhadap kerja insulin, kadar gula darah dapat melonjak. 

Baca Juga: Waspada, Ini 8 Makanan yang Harus Pantang Dikonsumsi PCOS

Hal ini memicu tubuh memproduksi lebih banyak insulin untuk mencoba menurunkan kadar gula darah. Terlalu banyak insulin dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon androgen berlebihan, sehingga berdampak pada masalah ovulasi, proses pelepasan sel telur dari ovarium.

Oleh karenanya, penting bagi penderita PCOS untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi, sepeti buah-buahan dengan kadar gula tinggi. Buah setidaknya mengandung dua bentuk karbohidrat, yaitu fruktosa dan serat.

Fruktosa adalah gula alami yang menjadi sumber energi dalam tubuh. Sedangkan serat merupakan karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan memperlambat penyerapan fruktosa.

Lantaran tidak dapat dicerna, serat dapat mempengaruhi kadar glukosa dan insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah meningkat secara perlahan. Hal inilah yang membuat penderita harus memilih buah yang relatif aman untuk dikonsumsi daripada buah lainnya.

Melansir laman Very Well Health, buah yang masih segar mengandung serat dalam jumlah melimpah, tetapi rendah indeks glikemik (GI). Suatu makanan dianggap memiliki GI rendah jika skornya di bawah 55.

Makanan berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga menyebabkan kenaikan kadar gula darah dan insulin lebih lambat.

Berikut pilihan buah sehat untuk penderita PCOS karena tidak akan meningkatkan gula darah:

1. Jeruk

Jeruk membantu memperlambat penyerapan gula darah dalam tubuh. Hal ini penting bagi penderita PCOS yang rentan terhadap resistensi insulin dan kadar gula darah tinggi.

Jeruk juga memiliki indeks glikemik (IG) rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang besar setelah dikonsumsi. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, kalium, dan folat. 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. 

2. Apel




Sumber : Mayo Clinic, Verry Well Health


BERITA LAINNYA



Close Ads x