Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu Dekubitus yang Dialami Almarhum Dorman Borisman, Jaringan Mati hingga Harus Diamputasi

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 13:39 WIB
apa-itu-dekubitus-yang-dialami-almarhum-dorman-borisman-jaringan-mati-hingga-harus-diamputasi
Dorman Borisman (Sumber: Wartakotalive / Dok Pribadi)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aktor Dorman Borisman atau Kardiman meninggal dunia pada Selasa (7/5/2024). Sang istri, Sukowati, membeberkan kronologi meninggalnya sang suami.

“Bismillahirrahmanirrahim sebetulnya sakitnya itu dari 2018 itu karena stroke terus enggak lama kemudian kena gula juga, diabetes,” ujar Sukowati di rumah duka di daerah Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2024).

Suatu ketika Dorman pingsan hingga dilarikan ke ruang ICU kemudian dirawat di ICU selama tiga minggu.

Setelah tiga minggu masuk ICU, kondisi Dorman kembali membaik. Dorman sudah bisa makan dan bicara. Bahkan beberapa kali, Sukowati membawa Dorman untuk berjemur atau mengajak jalan-jalan ke taman pakai kursi roda.

“Tapi terlihat (di kaki) ada titik yang beda warnanya diameternya sekitar empat centimeter lah. Saya pikir 'ini apa?' Saya bertanya ke anak saya 'mungkin kebentur kursi roda gitu' tapi begitu dua hari itu dilihat kok ini aneh, warnanya beda seperti itu agak kehitam-hitaman gitu,” ujar Sukowati.

Baca Juga: Istri Ungkap Kronologi Sakit hingga Dorman Borisman Meninggal Dunia

“Terus saya panggil dokter ke rumah terus katanya itu dibilangnya ini yang namanya dekubitus. Muncul lah cepat sekali itu dalam beberapa hari jari-jarinya menghitam, terus merembet itu katanya yang namanya jaringan mati. Nah, itu memang katanya harus diambil tindakan. Akhirnya saya berusaha cari rumah sakit,” ucap Sukowati.

Jika seseorang terkena stroke dan diabetes seperti apa yang dialami Dorman Borisman dengan mobilitas yang terbatas, dapat menyebabkan komplikasi seperti ulkus dekubitus yang dapat menjadi berbahaya karena dapat menimbulkan infeksi pada kulit hingga ke tulang, dan menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan yang memerlukan amputasi.

Gejala Ulkus Dekubitus

Ulkus dekubitus yang juga dikenal sebagai luka tekan, yaitu  luka terbuka pada kulit yang disebabkan oleh tekanan konstan dalam waktu lama ke area tubuh tertentu.

Penurunan aliran darah ke area tersebut menyebabkan kerusakan jaringan dan kematian. Tempat-tempat yang paling umum mengalami dekubitus adalah pinggul, punggung, pergelangan kaki, dan pantat.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x