Kompas TV lifestyle kesehatan

Intip 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Turunkan Berat Badan

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 02:00 WIB
intip-7-manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan-salah-satunya-bisa-turunkan-berat-badan
Ilustrasi cuka apel. Sebagian orang percaya bahwa mengonsumsi cuka sari apel dapat menyembuhkan pilek atau influenza. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Cuka sari apel atau cuka apel adalah cuka yang terbuat dari fermentasi air perasan apel. Sari apel akan difermentasi sehingga kandungan gula di dalamnya diurai oleh bakteri alami.

Kemudian akan berubah menjadi asam asetat, inilah yang membuat cuka apel memiliki rasa asam. Cuka apel dikenal sebagai bahan alami yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Melansir laman Healthline, asam asetat dikenal berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mengobati infeksi. Selain itu, ada juga protein, enzim, dan bakteri baik dari hasil fermentasi di kandungan cuka apel.

Baca Juga: Mirip dengan Cuka Apel, Ini 10 Manfaat Cuka Nanas untuk Kesehatan

Berikut ragam manfaat cuka apel untuk kesehatan.

1. Mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel yang paling populer adalah mengatur kadar gula dalam darah. Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terlebih ketika tubuh mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Cuka apel akan bekerja dengan memperlambat proses pelepasan gula dari makanan yang masuk ke dalam darah. Hal tersebut dapat mencegah kadar gula dalam darah melonjak secara tiba-tiba, setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Hal serupa juga terdapat dalam jurnal Diabetes Research and Clinical Practice dengan judul Vinegar Consumption Can Attenuate Postprandial Glucose and Insulin Responses; a Systematic Review and Meta-Analysis of Clinical Trials. Studi tersebut menemukan bahwa cuka apel dapat mengurangi kadar glukosa dan insulin postprandial. 

2. Menurunkan berat badan

Tak hanya menurunkan kadar gula, konsumsi cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, cuka apel memberi efek kenyang, sehingga membuat seseorang makan kalori lebih sedikit.

Selain itu, cuka apel juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengurangi jaringan lemak berlebih yang menumpuk di tubuh. Dengan begitu, berat badan dapat turun.

Sebaiknya hindari konsumsi dalam jumlah besar karena dapat mengerosi lapisan gigi.

3. Meringankan gejala sindrom pramenstruasi




Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x