Kompas TV lifestyle tren

4 Cara Jitu Tingkatkan Produktivitas Menurut Sains, Cocok Diterapkan Jika Tak Bersemangat

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 12:44 WIB
4-cara-jitu-tingkatkan-produktivitas-menurut-sains-cocok-diterapkan-jika-tak-bersemangat
Ilustrasi. Berikut cara meningkatkan produktivitas menurut sains.  (Sumber: tirachardz on Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di era modern ini, produktivitas menjadi kunci penting dalam meraih kesuksesan, baik di lingkungan kerja maupun dalam mengelola kehidupan pribadi.

Namun, tidak jarang kita merasa kesulitan untuk tetap produktif sepanjang hari.

Beruntung, sains telah mengungkap beberapa cara sederhana yang terbukti ampuh untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Mulai dari mendengarkan musik hingga berolahraga rutin, ada 4 tips produktivitas menurut sains yang patut dicoba sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik ternyata dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas. Hal ini berkaitan dengan sistem perhatian manusia yang terbagi menjadi dua, yaitu sadar (diarahkan dan dikendalikan) serta tidak sadar (yang mengingatkan pada sesuatu yang signifikan).

Baca Juga: Suhu di Arab Saudi Bisa 40 Derajat, Simak Tips Mencegah Heat Stroke saat Berhaji

Ketika bekerja dalam keheningan, setiap suara kecil dapat mengalihkan perhatian tidak sadar kita, sehingga mengganggu produktivitas. Jenis musik yang direkomendasikan adalah soundtrack video game, karena dirancang untuk merangsang otak agar tetap fokus.

Atur Waktu Bangun Tidur

Waktu bangun tidur sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada produktivitas, yang lebih penting adalah memastikan kita mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Tidur yang cukup memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan daya ingat, fokus, kesehatan, suasana hati, dan mengurangi iritabilitas, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan produktivitas.

Bantu dengan Tanaman

Kehadiran tanaman di tempat kerja terbukti dapat meningkatkan produktivitas. Melihat tanaman seakan memulihkan otak tanpa memberikan beban berlebih, sehingga otak dapat bekerja dengan lebih efisien. Selain itu, tanaman juga memberikan nilai estetika yang menyegarkan suasana kerja.

Baca Juga: Tips Mengemudi Aman di Tol Layang MBZ Pascakecelakaan Fortuner vs Canter, Simak Pendapat Ahli

Diet dan olahraga

Pola makan yang sehat dan olahraga rutin memiliki dampak positif pada tubuh dan otak. Tubuh yang sehat dapat memberikan sumber daya yang optimal bagi otak untuk meningkatkan fungsionalitasnya, termasuk dalam hal produktivitas.

Studi menunjukkan bahwa makanan tidak sehat dapat memengaruhi kemampuan fokus dan menyelesaikan tugas dengan baik.


 

Dengan menerapkan keempat cara di atas, Anda dapat memaksimalkan produktivitas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mulailah dengan perubahan kecil dalam gaya hidup dan rasakan manfaatnya untuk kesuksesan Anda di masa depan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x