Kompas TV lifestyle kesehatan

Terima Kasih Lebah, Ini 5 Manfaat Propolis untuk Kesehatan Kulit

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 00:00 WIB
terima-kasih-lebah-ini-5-manfaat-propolis-untuk-kesehatan-kulit
Ratusan lebah dalam penangkaran. (Sumber: Unsplash.com/Edgar Chaparro)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Propolis menjadi salah satu bahan yang cukup populer dalam produk kecantikan. Zat bertekstur lengket ini dihasilkan oleh lebah dengan mencampurkan kotorannya dengan getah pohon atau beeswax

Melansir laman Medical News Today, zat penyusun propolis sangat rumit. Para ahli mengidentifikasi lebih dari 500 senyawa berbeda dalam propolis. 

Komposisi pastinya sering kali bergantung pada lokasi sarang, spesies lebah, dan kondisi lingkungan. Sebagian besar senyawa propolis tersebut merupakan jenis polifenol, misalnya flavonoid. 

Baca Juga: Mengira Ada Monster di Kamarnya, Bocah 3 Tahun Malah Temukan 60.000 Lebah Bersarang di Dinding

Polifenol adalah antioksidan alami yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu, propolis mengandung senyawa penyembuh lainnya, termasuk vitamin A, C, dan E, mineral, dan asam amino.

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh propolis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Tak heran, propolis populer digunakan dalam industri kosmetik dan produk kecantikan.

Berikut ragam manfaat propolis untuk kesehatan kulit.

1. Meredakan jerawat

Manfaat propolis untuk kesehatan kulit yang pertama adalah meredakan jerawat. Propolis memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya itu, propolis juga memiliki sifat pelembap dan penyembuhan, sehingga membantu memperbaiki kulit pasca jerawat dengan lebih cepat. Propolis juga mengandung asam amino, asam fenolik, ester asam fenolik, flavonoid, asam sinamat, terpenoid, dan asam caffeic. 

Zat-zat ini bersifat antiinflamasi yang membantu mengurangi iritasi akibat jerawat atau luka lainnya serta mempercepat proses penyembuhan. Untuk kulit yang baru saja terkena sengatan matahari atau angin, mengoleskan propolis dapat mengurangi peradangan dan melindungi barrier kulit yang terganggu.

2. Anti aging

Propolis dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, garis-garis halus, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Sebab, propolis memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.




Sumber : Medical News Today


BERITA LAINNYA



Close Ads x