Kompas TV lifestyle travel

Rekomendasi 5 Tempat Wisata yang Dekat Stasiun Kereta Api

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 08:46 WIB
rekomendasi-5-tempat-wisata-yang-dekat-stasiun-kereta-api
Candi Prambanan di Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata yang dekat dengan stasiun kereta api. (Sumber: Antara/Hendra Nurdiansyah)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta api menjadi salah satu moda transportasi umum favorit masyarakat saat ini. Kenyamanan dan ketepatan waktu menjadi alasan masyarakat naik kereta, untuk berpergian, termasuk untuk berwisata ke tempat-tempat yang jauh. 

Apalagi di bulan Mei ini, ada dua libur panjang atau long weekend yang bisa dimanfaatkan untuk berwisata. 

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus menyatakan banyak destinasi wisata menarik yang berlokasi tidak jauh dari stasiun, sehingga masyarakat dapat memilih kereta api sebagai moda transportasi utama. 

Mulai dari tempat wisata religi, kuliner, taman kota, hingga bangunan bersejarah, semuanya dapat dijangkau dengan mudah dari stasiun kereta api. 

"Selain itu, dengan dioperasikannya kereta rangkaian baru, yakni stainless steel new generation, untuk kelas luxury, eksekutif, maupun ekonomi, pengalaman perjalanan menjadi lebih berkesan," kata Joni, seperti dilansir laman resmi KAI, Senin (6/5/2024). 

Baca Juga: Daftar 7 Kereta Tambahan Periode Long Weekend Libur Kenaikan Yesus Kristus 7-13 Mei

"Tidak hanya itu, bagi masyarakat yang ingin merasakan pengalaman perjalanan yang berbeda, mereka dapat menikmati kenyamanan kereta panoramic dan suite kompartemen," tambahnya.

5 Tempat Wisata yang Dekat dengan Stasiun Kereta

Mengutip laman resmi KAI, berikut beberapa objek wisata yang dekat dengan stasiun:

1. Masjid Raya Al-Jabbar, Bandung

Dibangun sejak 2017, Masjid Raya Al-Jabbar dirancang berada di atas danau retensi yang merupakan salah satu infrastruktur penanggulangan banjir di Gedebage, Bandung, Jawa Barat. 

Arsitektur Masjid Raya Al Jabbar yang didesain Ridwan Kamil saat menjadi Wali Kota Bandung ini, terinspirasi dari desain masjid di Turki dan Iran. 

Masjid megah ini memiliki 4 menara setinggi 99 meter, sebagai simbol Asmaul Husna.

Masjid Raya Al Jabbar juga memiliki sentuhan khas Jawa Barat yang dapat dilihat pada puncak atap, yaitu ikon tusuk sate, seperti yang terdapat pada Gedung Sate dan kantor Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi Agustus 2023, LRT Jabodebek Kini Sudah Layani 10,1 Juta Penumpang

Akses menuju Masjid Raya Al Jabbar sangat mudah. Jika Anda datang dari luar Kota Bandung, Anda dapat naik kereta tujuan Stasiun Bandung, lalu berpindah ke Commuter Line Bandung Raya atau Commuter Line Garut dan turun di Stasiun Cimekar.

Dari sana, Anda hanya perlu berjalan kaki menuju kawasan Masjid Raya Al Jabbar. Selain itu, tersedia ojek pangkalan yang siap mengantarkan penumpang ke kawasan Masjid Raya Jawa Barat tersebut.

2. Candi Prambanan, Yogyakarta

Candi Prambanan telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. 

Candi Hindu setinggi 47 meter ini dibangun oleh Dinasti Sanjaya pada abad ke-9. Bangunan candi terdiri dari tiga halaman tertutup. Candi utama terletak di halaman dalam dan dikelilingi oleh beberapa candi kecil disebut candi-candi ‘Perwara’. 

Sebagaimana candi Hindu lainnya, candi utama mempunyai tiga kuil yang digunakan untuk penyembahan tiga dewa Hindu, Ciwa, Vishnu dan Brahma. 

Baca Juga: Saat KAI Minta Bantuan Bayar Utang Proyek Whoosh, Pemerintah akan Teruskan KA Cepat Sampai Surabaya

Pembangunan candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai sang pencipta, Wishnu sang pemelihara, dan Siwa sang pemusnah.

Selain dapat menikmati kemegahan dari warisan sejarahnya, Anda juga dapat menonton pertunjukan budaya Sendratari Ramayana Prambanan yang biasanya digelar setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. 

Anda dapat mengunjungi Candi Prambanan dengan akses yang sangat mudah, yaitu menggunakan kereta rel listrik (KRL) dan turun di Stasiun Brambanan.

Jarak antara Stasiun Brambanan dan Candi Prambanan cukup dekat, hanya sekitar satu kilometer. 




Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x