Kompas TV lifestyle travel

Simak Ketentuan Penggunaan Toilet di Bus AKAP Damri, Kelas Imperial Suites Ada Syarat Khusus

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 15:01 WIB
simak-ketentuan-penggunaan-toilet-di-bus-akap-damri-kelas-imperial-suites-ada-syarat-khusus
Bus Imperial Suites Damri. Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan penumpang saat akan menggunakan toilet di bus Damri. (Sumber: Instagram @tentrembusofficial)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang transportasi darat, Damri, menyediakan fasilitas toilet untuk seluruh armada bus yang melayani rute Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Toilet tersebut terletak di bagian belakang bus.

Corporate Secretary DAMRI, Chrystian R. M. Pohan mengingatkan, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan penumpang saat akan menggunakan toilet di bus Damri.

“Mayoritas toilet yang terdapat pada bus hanya dapat digunakan untuk buang air kecil (BAK) dan hanya dapat digunakan pada saat bus berjalan. Hal tersebut juga berlaku pada toilet yang terdapat di bus DAMRI,” kata Pohan seperti dikutip dari laman Kementerian BUMN, Jumat (10/5/2024).

Pohan menjelaskan, manajemen Damri telah memasang papan informasi di dalam toilet yang menerangkan bahwa penggunaan toilet hanya untuk BAK.

Baca Juga: Cara, Syarat, Ketentuan Refund dan Reschedule Tiket Bus AKAP Damri

Bagi penumpang yang ingin Buang Air Besar (BAB), bisa melakukannya di rest area ketika bus berhenti untuk servis makan maupun melakukan pengisian bahan bakar.

Tapi khusus untuk bus Damri Imperial Suites, ada ketentuan khusus. Bus Damri jenis ini tidak berhenti di rest area untuk keperluan makan penumpang. Bus Damri Imperial Suites hanya berhenti di rest area tertentu untuk mengiis bahan bakar.

Pasalnya, fasilitas makan sudah tersedia di dalam bus. Sehingga penumpang dapat meminta kepada crew on bus untuk berhenti sejenak di rest area terdekat.

"Namun, dengan ketentuan bahwa kondisi sudah tidak memungkinkan bagi penumpang untuk menahannya sampai rest area tempat bus Imperial Suites melakukan pengisian bahan bakar,” ujarnya.

Baca Juga: Tol Indrapura-Kisaran Seksi II Segera Beroperasi, Waktu Tempuh Medan-Kisaran Jadi 2,5 Jam

Damri juga memastikan bahwa toilet di dalam bus layak untuk dipakai selama perjalanan.

“Kami rutin melakukan pembersihan armada secara menyeluruh termasuk toilet dengan membersihkan lantai dan bagian-bagian toilet. Kami juga ingin kembali mengajak penumpang untuk turut serta menjaga kebersihan dengan membuang sampah ke dalam kloset dan membuangnya ke tempat yang telah disediakan,” tuturnya,

Imperial Suites merupakan bus double decker yang didukung menggunakan Chassis Volvo B11R yang memiliki daya sebesar 450 Horsepower dengan standar emisi Euro 5.




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x