Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Manfaat dan Risiko Keratin Treatment untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 05:35 WIB
manfaat-dan-risiko-keratin-treatment-untuk-kecantikan-dan-kesehatan-rambut
Ilustrasi. Keratin treatment atau perawatan keratin adalah perawatan rambut yang bertujuan untuk meluruskan rambut agar lebih mudah diatur. (Sumber: diana.grytsku on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keratin treatment atau perawatan keratin adalah perawatan rambut yang bertujuan untuk meluruskan rambut agar lebih mudah diatur. Perawatan jenis semakin populer karena hasilnya yang lebih tahan lama dibanding metode tradisional.

Dilansir laman Cleveland Clinic, keratin adalah protein yang membantu memperkuat rambut guna mencegah terjadinya kerusakan.

Proses perawatan rambut dengan keratin menggunakan campuran keratin cair yang kemudian dipanaskan untuk memperkuat serat rambut.

Protein keratin tambahan akan membuat rambut lebih halus. Selain meluruskan rambut, keratin treatment juga dapat menguatkan akar rambut, melindungi rambut dari kerusakan, dan lain-lain. 

Baca Juga: 8 Efek Samping Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Manfaat perawatan keratin dapat bervariasi tergantung pada jenis rambut dan produk yang digunakan.

Secara umum, fungsi keratin rambut tidak hanya untuk meluruskan rambut, namun juga dapat merawat rambut yang keriting menjadi lebih bersinar.

Dilansir situs Medical News Today, berikut beberapa manfaat keratin rambut. 

Manfaat Keratin untuk Rambut

1. Membuat rambut lebih halus

Paparan sinar matahari, pewarna rambut, dan penggunaan kimia lainnya dapat menyebabkan rambut kehilangan keratin alami.

Hal ini dapat menyebabkan timbulnya area-area berpori yang rentan terhadap kerusakan dan patah.

Keratin treatment bertujuan untuk memperbaiki area-area yang kehilangan keratin tersebut. Hasilnya, batang rambut menjadi lebih halus dan menciptakan tampilan rambut yang lebih lembut serta berkilau.

2. Membuat rambut lebih mudah diatur

Perawatan keratin tidak selalu menghasilkan rambut yang benar-benar lurus. Formulasi khusus dapat mengurangi keriting rambut yang tidak teratur, sehingga memberikan ikal, gelombang, atau rambut keriting yang lebih lembut dan halus.

3. Memperkuat rambut



Sumber : Medical News Today, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x