Kompas TV lifestyle travel

Ini Jadwal Perayaan Waisak di Borobudur, Ada Penyesuaian Jam Operasional Candi

Kompas.tv - 19 Mei 2024, 14:52 WIB
ini-jadwal-perayaan-waisak-di-borobudur-ada-penyesuaian-jam-operasional-candi
Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, InJourney, mengajak masyarakat turut serta menyaksikan detik-detik Waisak 2568 BE di Candi Borobudur pada Kamis (23/5/2024). (Sumber: InJourney)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, InJourney, mengajak masyarakat turut serta menyaksikan detik-detik Waisak 2568 BE di Candi Borobudur pada Kamis (23/5/2024). 

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, mengatakan, masyarakat dapat ikut memeriahkan pelepasan lampion di Candi Borobudur.

“Rangkaian acara Waisak 2024 di Candi Borobudur terbuka untuk masyarakat. Saat puncak acara, masyarakat dapat menyaksikan detik-detik Waisak 2024 yang diiringi dengan pelepasan lampion di Candi Borobudur," kata Maya dalam keterangan tertulisnya, dikutip dari laman Kementerian BUMN, Sabtu (18/5/2024). 

"Kami berharap masyarakat mendapatkan pengalaman spiritual yang mengesankan dengan menyaksikan perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur,” tambahnya. 

Perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2568 BE/2024 akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.Tahun ini, detik-detik Waisak akan jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024 pukul 20.52.42 WIB.

Baca Juga: Jelang Waisak, 40 Bhikkhu Thudong Mulai Lakukan Perjalanan Spiritual ke Candi Borobudur

Rangkaian Acara Waisak di Borobudur

Maya menjelaskan, acara puncak Waisak dibuka dengan acara Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, peringatan detik-detik Waisak, pradaksina Candi Borobudur, dan pelepasan lampion Waisak.

Untuk merasakan kesakralan Candi Borobudur melalui pradaksina dan meditasi, diselenggarakan mindful walking meditation yang dapat diikuti oleh masyarakat umum pada 24–25 Mei 2024.

InJourney Destination Management sebagai pengelola Candi Borobudur telah menetapkan sejumlah aturan yang harus diikuti masyarakat yang ingin menyaksikan puncak perayaan Waisak 2024.

"Masyarakat yang ingin menghadiri prosesi puncak Waisak diharapkan bisa mematuhi peraturan yang telah ditentukan oleh panitia dan pengelola TWC Borobudur," ujar Maya. 

Peraturan tersebut diantaranya tidak membawa makanan dan minuman dari luar ke area pelepasan lampion, merokok, membawa senjata tajam, membawa obat-obatan terlarang, dan menerbangkan drone tanpa izin.

Baca Juga: Jelang Perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur, InJourney Siapkan Pelayanan Terbaik!

Selain itu, masyarakat juga tidak boleh menggunakan payung di area Waisak dan lampion dan mengambil foto terlalu dekat dan tanpa izin ke arah Bhikkhu yang sedang beribadah.

Masyarakat yang hadir dihimbau untuk menggunakan pakaian yang sopan dan berwarna putih, menjaga kebersihan lokasi Waisak, mengawasi tingkah laku anak-anak dan menjaga ketenangan selama prosesi Waisak berlangsung.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management (IDM), Hetty Herawati menambahkan, untuk perayaan Waisak tahun ini pihaknya menggunakan tagar #WaisakdiBorobudur. Panitia juga menyediakan area khusus bagi lansia dan difabel. 

“Masyarakat kami imbau untuk mengikuti berbagai ketentuan yang ditetapkan, untuk menjaga kekhidmatan prosesi ibadah dan perayaan Waisak 2024," tutur Hetty. 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x