Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Penawar Racun

Kompas.tv - 27 Mei 2024, 16:05 WIB
10-manfaat-kunyit-putih-untuk-kesehatan-cegah-kanker-hingga-penawar-racun
Kementerian Kesehatan membagikan manfaat kunyit putih bagi kesehatan, dari mencegah kanker hingga mengobati maag. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kunyit putih atau Curcuma zedoaria merupakan salah satu rempah-rempah yang populer sebagai bumbu masakan negara-negara Asia. Kunyit putih memiliki rasa pahit dan tekstur yang lebih ringan, hampir menyerupai jahe dalam segi rasa.

Selain itu, kunyit putih juga memiliki rasa pedas yang ringan dan getir. Kunyit putih telah digunakan sebagai obat tradisional selama ratusan tahun. 

Melansir laman Journal of Pharmacy and Pharmacology, kunyit putih mengandung kurkumin dan terpenoid di dalam tanaman. Kedua zat tersebut berperan sebagai antioksidan dan bersifat anti kanker, anti radang, dan anti nyeri. 

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Jeruk Nipis, Mendukung Kesehatan Jantung hingga Cegah Batu Ginjal

Kunyit putih juga kaya akan protein, folat, kalium, kalsium, dan ragam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ragam manfaat kunyit putih untuk kesehatan: 

1. Membantu mengurangi peradangan

Kunyit putih memiliki sifat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Kunyit putih dapat meredakan nyeri, bermanfaat bagi penderita rematik dan radang sendi.

Kunyit putih juga membantu menghilangkan racun dan kelebihan cairan dari persendian. Komponen aktif kurkumenol dalam kunyit putih dapat berkontribusi terhadap kemampuan analgesik dan penyembuhan luka, sehingga bermanfaat untuk masalah kulit dan pemulihan luka.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti nyeri perut, perut kembung, mual, buang air besar (BAB) tidak lancar, dan pergerakan usus yang abnormal.

Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi ekstrak kunyit putih secara langsung atau dalam bentuk minyak yang dioleskan ke perut.

3. Sumber antioksidan

Kunyit putih kaya akan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan radikal bebas dan stres oksidatif pada sel sehat.

Manfaat tersebut didapat dari kandungan kurkumenol, yakni senyawa antia lergi yang mencegah pembentukan bahan kimia yang memicu reaksi alergi.

4. Meningkatkan kesehatan persendian

Kunyit putih membantu tubuh membuang zat beracun dan cairan berlebih pada persendian. Hal ini akan mengurangi rasa tidak nyaman, serta bermanfaat bagi penderita rematik dan radang sendi.

Sementara efek menguntungkan dari bahan aktif kurkumenol dalam kunyit adalah memberikan sifat analgesik dan penyembuhan luka.

Penggunaan kunyit putih secara rutin dapat membantu pemulihan luka dan masalah persendian lainnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x