Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Rendah Kalori dan Sehat

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 04:30 WIB
5-bahan-pengganti-santan-yang-lebih-rendah-kalori-dan-sehat
Ilustrasi. Makanan bersantan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Santan atau coconut milk merupakan bahan masakan yang populer digunakan dalam berbagai makanan dan minuman khas nusantara. Santan membuat aroma masakan lebih wangi dan gurih.

Santan mengandung vitamin, zat besi dan selenium yang bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya santan juga cukup tinggi kalori dan lemak. 

Dikutip dari laman Healthline, 240 gram santan mengandung 552 kalori dengan 93 persen kalori berasal dari lemak, termasuk lemak jenuh.

Baca Juga: Sajian Iduladha 2024, Resep Tongseng Kambing Tanpa Santan yang Mudah Dibuat

Jika Anda sedang menjalani gaya hidup sehat, diet atau alergi santan, bahan pengganti santan dapat menjadi pilihan Anda. Banyak pengganti santan yang lebih rendah lemak dan kalori, sehingga lebih baik untuk kesehatan jantung dan berat badan.

Beriku bahan pengganti santan yang lebih rendah kalori dan sehat.

1. Susu almond

Susu almond tanpa pemanis tambahan dapat menjadi pengganti santan agar lebih sehat. Perlu diingat, susu almond tidak memiliki kekentalan serupa santan. 

Untuk membuatnya lebih kental, Anda perlu menambahkan 15 ml perasan lemon untuk 240 ml susu almond. Selain itu, menambahkan tepung kelapa bisa membuat kekentalannya meningkat sekaligus memberikan sedikit rasa santan.

2. Susu evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu sapi yang dipanaskan untuk menghilangkan sekitar 60 persen kandungan air pada susu. Susu evaporasi bisa menjadi pengganti santan yang baik sebab konsistensinya mirip.

Saat memasak, Anda bisa menggunakan susu evaporasi dengan perbandingan 1 banding 1, artinya untuk 100 ml santan bisa digantikan 100 ml susu evaporasi.



Sumber : Kompas TV, Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x