Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Jangan Stres, Emosi Negatif Ternyata Bisa Pengaruhi Kondisi Kulit Wajah

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 17:05 WIB
jangan-stres-emosi-negatif-ternyata-bisa-pengaruhi-kondisi-kulit-wajah
Ilustrasi. Cara menghilangkan dan mencegah garis senyum pada wajah. (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Emosi adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Emosi positif seperti bahagia tentu memberikan efek yang baik bagi kesehatan mental dan fisik.

Namun, emosi negatif seperti stres, marah, cemas, dan depresi juga dapat memberikan dampak buruk yang signifikan. Tidak hanya pada kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik seperti kulit wajah. 

Melansir laman Everyday Health, berikut beberapa emosi negatif yang dapat memberikan efek buruk pada wajah.

Baca Juga: 6 Manfaat Asam Ferulat untuk Kulit Wajah, Termasuk Mengurangi Bintik Hitam

1. Marah

Emosi negatif seperti marah akan membuat otot wajah tegang. Seiring waktu, emosi negatif ini akan mempercepat munculnya garis-garis halus. 

Amarah juga memengaruhi peremajaan dan efek penyembuhan kulit. Menurut sebuah penelitian, pergantian sel membutuhkan waktu empat kali lebih lama pada orang yang marah dibandingkan dengan mereka yang memiliki kendali atas emosinya.

Orang yang mudah marah memiliki hormon kortisol tinggi yang menghambat produksi kolagen. Padahal kolagen dalam tubuh dapat memperlambat penuaan dini seperti kerutan dan menyembuhkan kulit.

2. Ketakutan

Saat kita merasa terancam atau dalam bahaya, reaksi pertama otak adalah memberi sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepaskan epinefrin yang dikenal sebagai adrenalin. Hal itu berakibat pada meningkatnya detak jantung, mengalirkan darah ke otot-otot besar seperti membutuhkan ledakan energi untuk berlari cepat.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x