Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Buah-buahan yang Ampuh Meningkatkan Suasana Hati, Ada Pisang, Semangka, dan Kiwi

Kompas.tv - 5 September 2024, 17:30 WIB
6-buah-buahan-yang-ampuh-meningkatkan-suasana-hati-ada-pisang-semangka-dan-kiwi
ilustrasi buah pisang yang kaya akan serat dan menyehatkan. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Buah-buahan merupakan salah satu sumber nutrisi yang kaya vitamin. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan.

Kekurangan jenis nutrisi tertentu dapat memengaruhi suasana hati. Menariknya, beberapa buah mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi serotonin, neurotransmiter yang mengatur suasana hati dan membuat kita merasa lebih tenang dan bahagia.

Dikutip dari laman Healthline, berikut buah-buahan yang ampuh meningkatkan suasana hati. 

Baca Juga: Jangan Asal Konsumsi, Ini 7 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperburuk Suasana Hati

1. Pisang

Selain dapat meningkatkan energi, pisang juga ambuh untuk meningkatkan suasana hati. Pisang kaya akan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan serotonin. 

Serotonin merupakan salah satu hormon yang meregulasi suasana hati. Selain itu, pisang mengandung triptofan yakni asam amino yang membantu memberikan rasa tenang dan relaksasi.

2. Alpukat

Alpukat dikenal tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Lemak satu ini ternyata turut berkontribusi pada fungsi otak.

Lemak jenuh pada alpukat mengandung vitamin B6 yang mendukung fungsi neurotransmitter, sehingga berdampak positif pada suasana hati. Di samping itu, alpukat mengandung vitamin E, asam folat, kalium dan magnesium yang memainkan peran penting pada fungsi otak dan regulasi suasana hati.

3. Semangka

Semangka tidak hanya dapat mencegah tubuh dehidrasi, buah kaya air ini juga ampuh meningkatkan suasana hati. Semangka mengandung asam amino L-citrulline dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Senyawa ini di dalam tubuh akan diubah menjadi L-arginine, yang berperan dalam produksi nitrit oksida. Nitrit oksida ini membantu melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan memberikan oksigen lebih banyak ke otak. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x