Kompas TV nasional sosial

JK Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI dengan Khidmat dari Kediaman

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 15:26 WIB
jk-ikuti-upacara-hut-kemerdekaan-ri-dengan-khidmat-dari-kediaman
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Istri, mengikuti upacara HUT RI secara virtual dari kediaman. (Sumber: Dok Jusuf Kalla)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun ini upacara HUT Kemerdekaan RI dilakukan secara virtual. Pandemi Covid-19 membuat semua kegiatan harus dilakukan menerapkan protokol kesehatan demi memutus rantai penularan.

Tercatat hanya ada enam orang yang mendapatkan undangan untuk menghadiri upacara HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

Peserta upacara di Istana Merdeka terdiri dari Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks proklamasi. 

Kemudian ada Menteri Agama Fachrul Razi sebagai pembaca doa, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Sementara Presiden RI sebelumnya, dan mantan Wakil Presiden tidak mendapatkan undangan. Termasuk mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Meski tidak menghadiri upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada hari ini, JK bersama istri, Mufidah Kalla, mengikutinya secara virtual dari kediaman pribadinya, Jl Brawijaya No.6, Jakarta Selatan.

JK dan istri yang mengenakan pakaian adat Makassar, tetap khidmat mengikuti setiap momen upacara HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka.

“Acaranya tentu sederhana dan virtual namun penuh khidmat, untuk itu berterima kasih kepada semua penyelenggara yang telah mensukseskan upacara virtual ini,” ujar JK dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas TV, Senin (17/8/2020).

Baca Juga: JK Yakin Upacara Peringatan Kemerdekaan RI Tahun Depan Akan Berlangsung Seperti Biasa

JK memaklumi ketiadaan undangan untuk dirinya mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka. Namun JK optimistis upacara HUT RI di tahun-tahun mendatang akan kembali seperti semula.

Karena menurutnya pandemi Covid-19 akan selesai tahun depan, sehingga masyarakat bisa kembali merayakan hari kemerdekaan dengan penuh rasa gembira. 

“Tentunya tahun ini kita mengalami stagnasi karena pandemi Covid-19. Namun tahun depan Insya Allah akan selesai dan upacara bisa dilangsungkan seperti biasa dan rakyat bisa bergembira merayakan hari kemerdekaan,” ujar JK.

Upacara HUT Kemerdekaan RI Dilakukan Virtual
Tahun ini upacara HUT Kemerdekaan RI memang berbeda. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kementerian Sekretariat Negara mengeluarkan Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020. 

Dalam surat bernomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 itu, tertulis ada sejumlah perbedaan peringatan HUT ke-75 RI dengan tahun sebelumnya, termasuk upacara memperingati Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. 

"Upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujar Menteri Sekretariat Negara Pratikno dalam surat pedoman peringatan HUT ke-75 RI tertanggal 6 Juli 2020.

Baca Juga: Generasi Penerus Tentara Pelajar Laksanakan Upacara Virtual Hari Kemerdekaan RI Ke-75

Upacara memperingati HUT ke-75 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, tidak akan seramai yang lalu. Tercatat hanya ada enam orang peserta upacara, tidak ada masyarakat yang diundang. 

Peserta upacara di Istana Merdeka terdiri dari Presiden Joko Widodo sebagai inspektur upacara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks proklamasi. 

Kemudian ada Menteri Agama Fachrul Razi sebagai pembaca doa, serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Aziz.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x