Kompas TV nasional update corona

Vaksin Covid-19 dari UEA Akan Tersedia untuk Indonesia pada Tahun Ini

Kompas.tv - 23 Agustus 2020, 08:44 WIB
vaksin-covid-19-dari-uea-akan-tersedia-untuk-indonesia-pada-tahun-ini
Menlu RI Retno Marsudi menerima telepon dari Menlu Iran, Rabu (18/03/2020) (Sumber: Twitter @Menlu_RI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri BUMN meneruskan lawatannya ke Uni Emirat Arab (UEA). Di negeri semenanjung Arab ini Menteri Luar Negeri menghasilkan kerja sama antara Kimia Farma dengan G42 Healthcare Holdings.

Kerja sama yang dimaksud adalah, pengembangan produk vaksin Covid-19. Lainnya adalah riset dan pengembangan, uji klinis, pemasaran produk vaksin dan distribusinya, serta layanan kesehatan.

Kerja sama ini juga menghasilkan komitmen dari G42 Healthcare Riset mneyediakan vaksin sebanyak 10 juta dosis untuk tahun ini.

"Hasil lain yang kita peroleh dari pertemuan kita dengan G42 adalah komitmen untuk penyediaan awal atau awal penyediaan vaksin sebesar 10 juta dosis untuk tahun 2020," ujar Menlu Retno, seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (23/8/2020).

Komitmen penyediaan vaksin tersebut akan ditindaklanjuti secara rinci oleh Kimia Farma.

Baca Juga: Indonesia Dapat Pasokan 40 Juta Vaksin Hingga Maret 2021

Selain dengan Kimia Farma, PT Indofarma juga menjalin kesepakatan dengan G42 Healthcare. Kesepakatan tersebut terkait kerja sama dalam bidang penelitian, pengembangan, produksi, dan distribusi teknologi berbasis laser dan artificial intelligence untuk melacak Covid-19.

"Teknologi ini kita nilai akan membantu tracing secara lebih cepat dan tentunya akan mendukung kegiatan ekonomi yang aman," kata Retno. 

Retno menambahkan, kerja sama dengan G42 itu tidak hanya terkait Covid-19 melainkan juga penelitian bersama untuk mendeteksi penyakit lain serta pendistribusian produk-produk farmasi Indonesia. 

"Kerja sama untuk distribusi produk farmasi Indonesia di pasar-pasar Timur Tengah, Afrika dan wilayah lainnya dan pihak G42 menanggapi secara positif usulan-usulan tersebut," ujar Retno.

Baca Juga: Imunisasi Massal Vaksin Corona akan Digelar di Awal 2021, Ini Kata Stafsus Menteri BUMN!

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x