Kompas TV nasional update corona

Panglima TNI dan Kapolri Bersama di Papua

Kompas.tv - 30 Agustus 2020, 11:25 WIB
panglima-tni-dan-kapolri-bersama-di-papua
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis. (Sumber: Tribunnews)

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis melepas pasukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Provinsi Papua.

Pasukan ini akan bertugas melakukan patroli, pengawasan, dan pembinaan kepada masyarakat Papua untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Kegiatan patroli termasuk pembinaan masyarakat akan kita laksanakan terus menerus. Apalagi trennya saat ini di Papua angka kesembuhannya sangat tinggi," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Batalyon Virajaya Sakti Raider 751, Sentani, Jayapura, Papua, Sabtu (29/8/2020).

Tren angka kesembuhan yang sangat tinggi di Papua ini, kata Hadi, harus dipertahankan. Apalagi angka reproduksi efektif (Rt) di Papua sudah di bawah 1.

Baca Juga: Mahfud MD Yakin Kedekatan Panglima TNI dan Kapolri Selesaikan Kasus Penyerangan Polsek Ciracas

Untuk tetap mempertahankan Rt di bawah 1 ini, masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Yakni tetap menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sesuai dengan petunjuk dari pemerintah.

Patroli pasukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan diperlukan untuk menjaga tren tersebut.

"Hal ini harus terus kita lakukan, baik di kota sampai di desa-desa. Termasuk di jalan-jalan," jelas Hadi.

Patroli pasukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan juga akan bertugas melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk bertanggung jawab menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Tak Sangka Penyerangan Polsek Ciracas karena Hoaks

"Mudah-mudahan kondisi seperti ini (angka kesembuhan yang tinggi) terus bisa bertahan sampai dengan vaksinnya ditemukan pada akhir 2020. Dan kita akan hidup normal kembali seperti sebelum adanya Covid-19," ucap Hadi.

Pasukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan sendiri terdiri dari berbagai unsur, yakni TNI-Polri, Babinkamtibmas, Babinsa, babinpotmar, babinka, tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat.

Panglima TNI bersama Kapolri, secara simbolis melepas ratusan petugas yang akan melakukan patroli. Panglima TNI dan Kapolri juga bantuan paket sembako kepada masyarakat Papua.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x