Kompas TV nasional sapa indonesia

Kerajinan Songket Tangga Buntung Masuk 10 Besar Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

Kompas.tv - 3 September 2020, 10:25 WIB
Penulis : Merlion Gusti

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Memiliki warna dan motif yang khas, Songket Tangga Buntung, kini menjadi ikon baru kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Bahkan sentra pembuatan Songket ini telah masuk dalam 10 besar nominasi Anugerah Pesona Indonesia, yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Palembang, Sumatera Selatan, memang ternama dengan kuliner pempek hingga jembatan amperanya. 

Namun kini ada ikon kota Palembang yang wajib diketahui, yaitu sentra industri Songket Tangga Buntung, di kawasan 26 Ilir.

Di sinilah kain-kain songket penuh warna tercipta dari tangan terampil para perajin. 

Perpaduan warna dan motif yang khas menjadikan Songket Tangga Buntung ini memiliki tempat tersendiri, bagi pencinta kain songket.

Tak main-main, sentra industri songket ini masuk nominasi sepuluh besar ajang bergengsi di industri pariwisata, Anugerah Pesona Indonesia, atau API.

Nominasi ini berdasarkan penilaian teknis dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dengan kategori wisata berbelanja terpopuler, dengan melakukan survei pada para perajin songket.

Masuknya Sentra Songket Tangga Buntung sebagai nominasi API, membuat pemerintah setempat akan menata ulang lokasi, agar lebih menarik, dengan dilengkapi fasilitas protokol kesehatan.  
 
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x