Kompas TV nasional politik

Ternyata Rizieq Shihab Bisa Pulang Jauh-Jauh Hari, Ini Penjelasan KBRI Riyadh

Kompas.tv - 6 November 2020, 15:43 WIB
ternyata-rizieq-shihab-bisa-pulang-jauh-jauh-hari-ini-penjelasan-kbri-riyadh
Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebenarnya dapat pulang ke Indonesia sebelum 10 November 2020.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegabriel menjelaskan dalam catatan imigrasi Kerajaan Arab Saudi, Rizieq sudah beberapa kali keluar masuk Arab melalui negara di kawasan Timur Tengah dan eropa. Seperti dari Turki, Oman dan Maroko.

Agus mengungkapkan dalam sistem imigrasi Saudi tercatat Mohammad Rizieq Syihab (MRS) masuk ke Saudi pada tanggal 26 April 2017 dengan visa umrah dan tiba di imigrasi Bandara Madinah pada pukul 17.13 waktu setempat.

Baca Juga: Mahfud Ungkap Rizieq Sebenarnya Dideportasi

"Selanjutnya, Rizieq keluar dari Saudi tapi tidak kembali ke Indonesia," ujar Agus melalui pesan singkat, Jumat (6/11/2020).

MRS kemballi memakai visa umrah untuk ke Saudi dan melewati gate imigrasi Bandara Jeddah pada tanggal 14 Mei 2017 pada pukul 07.35 waktu setempat. Kemudian, Rizieq meninggalkan Saudi dan tidak ke Indonesia.  

Selanjutnya dengan visa kunjungan bisnis atau ta’syirah ziyarah tijariyah dengan masa berlaku 365 hari masuk ke Saudi via Bandara Jeddah.

“MRS melewati pemeriksaan imigrasi tanggal 9 Juni 2017 pukul 12.29,” ujar Agus.

Baca Juga: KBRI Riyadh Bantah Tidak Bantu Rizieq, Dubes Agus: Dia Tidak Pernah Mengadu

Agus menambahkan dalam dokumen imigrasi Kerajaan Arab Saudi, ditemukan data keluar masuknya MRS ke Saudi. Hal ini karena visa kunjungan bisnis yang berlaku satu tahun tersebut memiliki syarat setiap 90 hari harus keluar atau exit dari Arab Saudi.

“Tertulis di situ traveling ke Turki lebih dari sekali, kemudian data kedatangan MRS dari Oman dan dari Maroko 21 April 2018 untuk selanjutnya tidak bisa keluar lagi dari Arab Saudi,” ujar Agus.

Agus menilai Rizieq sebenarnya bisa saja pulang ke Indonesia saat melaksanakan syarat kunjungan visa bisnis. Rizieq bisa terbang melalui bandara Doha, Qatar atau Dubai, Uni Emirat Arab.

“Tapi hal tersebut tidak dilakukan. MRS yang bisa menjawab,” ujar Agus.

Baca Juga: Rizieq Shihab Nyatakan akan Kembali ke Indonesia, Para Pendukung Menyambut

Rizieq melalui siaran langsung pada media sosial menyatakan akan pulang ke Tanah Air pada 9 November 2020 dengan penerbangan pukul 19.30 waktu Arab Saudi.

Dari jadwal tersebut Rizieq dan keluarga akan tiba di Indonesia melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, pukul 09.00 WIB, Selasa (10/11/2020).

Rizieq pergi ke Saudi pada 2017. Saat itu, polisi menyelidiki kasusnya atas tuduhan pesan pornografi. Polisi telah menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) atas kasus itu.

Terakhir, Rizieq menyatakan bahwa dirinya dicekal oleh Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia sehingga tak bisa kembali. Namun, Pemerintah Indonesia membantah hal tersebut.

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x