Kompas TV nasional sapa indonesia

Mengenal Penyebab Kesulitan Menelan Makanan dan Minuman

Kompas.tv - 18 November 2020, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sapa Indonesia Pagi kembali menghadirkan Segmen Sehat di Tengah Pandemi, tempat anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis, saat anda ragu untuk ke rumah sakit, karena pandemi. Pertanyaan bisa anda kirimkan melalui instagram kami di @sapaindonesia_kompastv atau anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter, dengan menghubungi kami langsung melalui sambungan telepon 021-5366-0500.

Pagi ini kita sudah bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Andi Khomeini untuk menjawab pertanyaan dan keluhan terkait penyakit dalam.

@mariastevani72 : pagi, saya vani. senin minggu lalu, saya merasakan kurang enak badan dok dan perut panas serta kaki dingin. pada hari selasa suhu badan saya 37.4 dan kaki saya pegal dok. kepala saya juga sedikit berat. bab bisa 3x sehari dok. saya sudah ke dokter katanya infeksi usus. tapi sampe sekarang suhu badan saya 37.4 tetapi badan udah mulai normal dok. ini kenapa ya dok?

@mayinhap : pagi dokter. usia saya 16 tahun. saya kesulitan untuk menelan makanan dan minuman sejak awal juli 2020. ketika menelan makanan ataupun minuman rasanya seperti ada angin dari dalam perut yang mau keluar sehingga makanan seperti tersumbat dan terasa sesak di dada. namun, tidak masuk ke saluran nafas. sudah ke dokter dan di rontgen ternyata kerongkongan yang dekat lambung menyempit. sudah dioperasi tanggal 2 september 2020. kata dokter hasilnya sudah bagus tapi ternyata masih sulit untuk menalan dok. mohon penjelasannya dok.

@agung_dnf05 : pagi dokter. sudah 1 minggu ayah saya kurang nafsu makannya dok dan jika dipaksakan merasa mual. selain itu, badan ayah saya merinding dok. itu penyebab dan solusinya apa ya dok?

Pertanyaan interaktif:

Diandra: Saya sering mengalami kesulitan BAB. Bagaimana cara mengatasinya dok?

Ginting: Saya seringkali mengalami pening atau pusing saat berdiri setelah dari posisi duduk. Ada apa ya dok?
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x