Kompas TV nasional kesehatan

Apa itu Kekebalan Kelompok atau Herd Immunity?

Kompas.tv - 14 Desember 2020, 23:23 WIB
Penulis : Ekmal Muhammad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap orang pasti maunya sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. salah satu caranya untuk melindungi keluarga adalah pemberian vaksin.

vaksinasi merupakan langkah awal pencegahan suatu penyakit, sehingga vaksinasi sangat perlu dan penting.

Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja vaksin?

Secara ilmiah, vaksin yang diberikan melalui vaksinasi akan memicu pembentukan kekebalan tubuh untuk melindungi dari penyakit menular.

Setelah divaksinasi, tubuh akan mengenali virus atau bakteri pembawa penyakit, lalu melawan penyakit dengan memproduksi antibody.

Tubuh juga jadi memiliki kekebalan karena akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit dan cara melawannya, sehingga bisa bereaksi sebelum kita jatuh sakit.

Bahkan  vaksin bisa mengurangi penyebaran dan mengakhiri wabah , bila banyak orang di masyarakat yang vaksinasi. Seperti saat pandemi corona yang saat ini dihadapi seluruh dunia.

Selain vaksinasi, kekebalan kelompok atau herd immunity belakangan juga santer terdengar di masa pandemi ini.

Lalu apa kekebalan kelompok itu, apa manfaatnya dan bagaimana kekebalan kelompok bisa terjadi? Serta bagaimana peran vaksin dalam pembentukan kekebalan kelompok di tengah wabah.

Indonesia seperti negara lain, ingin segera bebas dari virus corona. Butuh kerja sama yang kuat,  antara pemerintah dan warga untuk mewujudkan itu.

Semua harus tetap produktif walaupun di masa pandemi. Dan optimistis  vaksin bisa segera ditemukan dan membantu hentikan wabah corona.

Sehingga kekebalan kelompok dengan cara vaksinasi akan membuat masyarakat kembali sehat, kuat dan produktif. (*)




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x