Kompas TV nasional peristiwa

Roundup: Komjen Sigit Lityo Resmi Jadi Kapolri dan Pelantikan Joe Biden

Kompas.tv - 21 Januari 2021, 05:00 WIB
roundup-komjen-sigit-lityo-resmi-jadi-kapolri-dan-pelantikan-joe-biden
Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memberi salam saat mengikuti fit and proper test pada Rabu (20/1/2021). (Sumber: Tribunnews/HO/Humas DPR RI)
Penulis : Ahmad Zuhad

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia resmi menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru, menggantikan pejabat lama Jenderal Pol Idham Azis.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Komisi III DPR RI Herman Hery, seusai memimpin uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Rabu (20/1/21).

"Menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Doktorandus Listyo Sigit Prabowo M.Si., sebagai Kapolri yang selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna DPR RI terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Herman Hery.

Dalam sesi fit and proper test Listyo Sigit mengatakan bahwa penegakan hukum harus dilaksanakan secara tegas namun tetap mengedepankan nilai-nilai humanis.

“Penegakan hukum harus dilaksanakan secara tegas, namun humanis. Di saat ini masyarakat memerlukan penegakan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat, bukan penegakan hukum dalam rangka kepastian hukum," tegas Listyo.

Baca Juga: Komjen Listyo Sigit akan Buka Kesempatan bagi Penyandang Disabilitas jadi ASN Polri

Listyo Sigit mengatakan pula, polisi lalu lintas tak akan lagi melakukan penilangan secara langsung kepada pengendara.

Sebagai gantinya, ia mempunyai keinginan untuk mengedepankan penegakkan hukum berbasis elektronik di bidang lalu lintas lewat modernisasi electronic traffic law enforcement (ETLE).

"Yang kami hindarkan adalah interaksi anggota dengan masyarakat yang menimbulkan potensi penyalahgunaan kewenangan," kata Sigit.

Sigit juga mengatakan Polri siap bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya dalam penanganan kasus korupsi.

“Kami siap untuk join dengan KPK ataupun dengan kejaksaan sehingga postur penegakan hukum khususnya terkait dengan masalah tipikor itu kami kompak, kejaksaan, kepolisian, dan KPK,” kata Listyo Sigit.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x