Kompas TV nasional update

Sempat Diduga Jadi Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ182, Apa Itu Autothrottle?

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 18:36 WIB
sempat-diduga-jadi-penyebab-jatuhnya-sriwijaya-air-sj182-apa-itu-autothrottle
Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis laporan awal penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dengan registrasi PK-CLC pada 9 Januari 2021 lalu. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) saat jumpa pers, Rabu (10/2/2021), mengatakan belum mengetahui apakah autothrottle menjadi penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Lantas, apakah itu Autothrottle?

Kepala Sub Komite Penerbangan KNKT, Kapten Nurcahyo Utomo mengungkapkan, ada kemungkinan gejala yang muncul di autothrottle, namun kerusakannya ada di tempat lain.

Baca Juga: Maskapai Serahkan Santunan untuk Ahli Waris Korban Sriwijaya Air SJ-182

"Kita belum tahu apakah benar autothrottle mengalami malfunction, karena autothrottle punya banyak input dari beberapa komponen." jelas Kapten Nurcahyo Utomo.

"Mungkin gejala yang muncul adalah di autothrottle, tapi kerusakannya ada di tempat lain."

"Ini yang sampai saat ini kita belum bisa menentukan, apa yang menyebabkan," bebernya lagi.

Lalu apa itu Autothrottle? Dikutip dari Tribunnews.com melansir Flyingmag.com , autothrottle adalah komponen yang berfungsi sebagai mengontrol daya pesawat dari lepas landas hingga mendarat.

Dalam pesawat yang dilengkapi autothrottle, jika pilot mengaktifkan komponen ini akan menghidupkan tuas dorong.

Baca Juga: KNKT Ungkap Ada 2 Kerusakan Pesawat Sriwijaya Air PK-CLC, Perawatan Ditunda Sejak Desember 2020

Saat pesawat lepas landas, autothrottle memajukan daya dorong ke nilai lepas landas yang dihitung secara otomatis, sehingga pilot dapat berkonsentrasi menerbangkan pesawat alih-alih menyetel daya.

Pada fase penerbangan lainnya, seperti saat pesawat menanjak, pilot juga dapat menyesuaikan kecepatan udara yang diinginkan dan mengamati ketika throttle secara otomatis bergerak untuk mempertahankannya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x