Kompas TV nasional berita utama

Spesifikasi F-15EX, Jet Tempur Baru TNI AU

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 20:39 WIB
spesifikasi-f-15ex-jet-tempur-baru-tni-au
Tangkapan layar jet tempur F-15EX buatan Boeing yang akan didatangkan TNI AU sebelum tahun 2022. (Sumber: Twitter/BoeingDefense)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV – TNI AU akan memperkuat alutsista-nya dengan memboyong 8 unit peswat tempur F-15EX. Lalu, bagaimanakah spesifikasi F-15EX yang katanya akan tiba di Tanah Air tahun 2022?

Dikutip dari Kompas.com, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fajar Prasetyo mengatakan, Indonesia tidak lama lagi akan mendatangkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern.

"Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap," ujar KSAU Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: Mantap! Indonesia Borong Puluhan Jet Tempur, KSAU: Ada 36 Unit Rafale dan 8 F-15 EX

Setidaknya ada dua jenis alutsista yang akan diboyong ke Indonesia, yakni pesawat tempur F-15EX buatan Boeing dan Dassault Rafale yang diproduksi Dassault Aviation Perancis.

Dilansir dari Kompas.com mengutip dari Anadolu Agency merujuk dokumen Rapim TNI 2021 beberapa waktu lalu, Indonesia rencananya akan memboyong 36 unit pesawat Rafale dan 8 unit pesawat F-15EX.

Lalu, seperti apa spesifikasi jet tempur F-15EX ini?

Baca Juga: Bersiap Datangkan Alutsista Modern, TNI AU akan Beli Pesawat Tempur F-15 EX hingga Dessault Rafale

Ternyata, jet tempur F-15EX ini merupakan buatan dari perusahaan penerbangan Amerika Serikat, Boeing.

F-15EX telah berhasil menyelesaikan uji terbang pertamanya pada awal bulan lalu. Melalui rilisnya, Boeing mengatakan F-15EX terbang selama 90 menit dan mempunyai kinerja seperti yang diharapkan.

Baca Juga: Panglima TNI Ingin Kembangkan Drone Canggih untuk Alat Tempur Tanpa Awak

"Penerbangan yang sukses hari ini membuktikan keamanan dan kesiapan jet untuk bergabung dengan armada tempur AS," kata Wakil Presiden Boeing, Prat Kumar dikutip dari Defense News, Selasa (2/2/2021).

Salah satu keunggulan jet tempur buatan Boeing ini adalah teknologinya yang modern. F-15EX menggabungkan sistem manajemen pertempuran, sensor canggih dan senjata yang di desain digital.

Baca Juga: Mantan KSAU: Indonesia Memungkinkan Produksi Pesawat Tempur Sendiri

Selain itu, jet tempur F-15EX ini juga disebut dapat menunjang modernisasi Angkatan Udara AS dengan menggabungkan sistem manajemen pertempuran, sensor canggih dan senjata yang di desain digital.

"F-15EX menyatukan manfaat rekayasa digital, sistem misi terbuka, dan pengembangan perangkat lunak tangkas agar tetap terjangkau dan dapat diupgrade selama beberapa dekade mendatang," ujar Prat Kumar.

Baca Juga: Kisah Marsda TNI Tatang Harlyansyah: Bercita-cita Jadi Pilot Tempur sejak Kecil




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x