Kompas TV nasional politik

Menpan RB Tjahjo Kumolo Konsultasi ke Taspen Soal Tunjangan Pensiunan ASN Sampai Rp1 Miliar

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 06:45 WIB
menpan-rb-tjahjo-kumolo-konsultasi-ke-taspen-soal-tunjangan-pensiunan-asn-sampai-rp1-miliar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo (Sumber: dok Humas KemenPAN RB)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rencana Menpan RB Tjahjo Kumolo agar Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menerima tunjangan pensiun sampai Rp1 miliar terus dijalankan.

Terakhir Tjahjo Kumolo berdiskusi dengan PT Taspen. Hasilnya peluang ASN untuk mendapat tunjangan pensiun sampai Rp1 miliar masih terbuka.

Menurut Tjahjo jika Taspen melakukan perhitungan dengan baik sesuai besaran gaji pokok ASN, golongan, dan masa kerja maka kebijakan tunjangan pensiun ASN mencapai Rp1 miliar bisa dilakukan.

Baca Juga: Pemerintah Naikkan Tunjangan PNS untuk 4 Jabatan Fungsional, Ini Daftar Besarannya

"Kami dengan Taspen juga sudah diskusi, bagaimana kalau pensiunan ASN itu nanti dapat tunjangan Taspennya bisa enggak kalau mencapai Rp 1 miliar? Ya dihitung-hitung bisa kalau sejak awal sudah kita pertimbangkan dengan baik," ujar Tjahjo saat penandatanganan komitmen pembangunan Mal Pelayanan Publik di kanal YouTube Kementerian PANRB, Rabu (3/3/2021).

Selain kenaikan pensiun ASN, Tjahjo menjelaskan, pihaknya sudah membahas kenaikan tunjangan kepala daerah dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Namun karena adanya pandemi Covid-19 membuat peluang peningkatan tunjangan pensiun ASN dan kepala daerah itu tertunda.

Padahal, kata dia, pemerintah sudah merencanakan kenaikan minimal gaji pokok hingga 80 persen tunjangan kinerja dan lain-lain.

Baca Juga: Tunjangan PNS, TNI, dan Polri Naik, Bagaimana Rinciannya?

"Tapi karena ada pandemi Covid-19 inilah yang saya kira tertunda semua, termasuk tunjangan kinerja, yang harusnya kami targetkan tahun ini sudah selesai semua,” ujar Tjahjo.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo mengatakan, akan menaikan tunjangan ASN pada 2021.

Dengan kenaikan tunjangan itu, menurut Tjahjo, maka ASN mendapatkan penghasilan paling sedikit Rp9 juta. Namun, pemerintah masih melakukan kajian mendalam untuk menaikkan tunjangan ASN.

Baca Juga: Menpan RB: Seleksi CPNS Dilakukan Maret 2021

Tjahjo mengatakan, kenaikan tunjangan ASN ini tidak diikuti oleh kenaikan gaji pokok. Sebab, skema yang diberikan pemerintah berupa kenaikan dana pensiun.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x