Kompas TV nasional peristiwa

Irene Sukandar Menang 3-0 atas Dewa Kipas, GM Susanto: Kualitas Pak Dadang Hampir Setara Master

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 17:20 WIB
irene-sukandar-menang-3-0-atas-dewa-kipas-gm-susanto-kualitas-pak-dadang-hampir-setara-master
Dadang Subur alias Dewa Kipas menantang GM Irene Kharisma Sukandar. Irene berhasil menang telak dari Dadang. (Sumber: Youtube/Deddy Corbuzier)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

KOMPAS.TV - Dadang Subur alias Dewa Kipas akhirnya bertanding melawan Grandmaster Irene Kharisma Sukandar pada Senin (22/3/2021). Namun, Dadang harus mengakui keunggulan telak GM Irene dalam pertandingan persahabatan catur ini.

Irene menang telak dengan skor 3-0 dari Dadang. Deddy Corbuzier sebagai penyelenggara pertandingan itu memberi 4 kesempatan bertanding. Tetapi, Dadang menolak game keempat dan telah menerima Irene sebagai pemenang.

Pertandingan ini tersiar langsung dalam kanal Youtube Deddy Corbuzier. Akun Twitter Federasi Catur Internasional (FIDE) mencatat, laga ini mencatatkan rekor penonton 1,25 juta orang.

Baca Juga: Profil GM Irene Sukandar, Pecatur Perempuan yang Akan Duel dengan Dadang “Dewa Kipas”

GM Irene memang unggul telak dalam laga ini. Namun, Grandmaster Susanto Megaranto yang bertindak sebagai komentator pertandingan mengakui kualitas permainan Dewa Kipas.

“Kalau saya nilai, rating (Dadang Subur) bisa sekitar 2100 permainannya. Rating 2200 itu kelas Master Nasional. Kalau rating 2300 itu Master FIDE,” ujar Susanto.

Susanto menilai, permainan Dewa Kipas memang melebihi kemampuan orang biasa. Karena itu, ia memberi penilaian hampir setara pemain catur bergelar Master Nasional.

Meski begitu, rating ini menurutnya tak bisa selalu menunjukkan hasil akhir pertandingan.

“Rating tidak bisa juga jadi patokan. Misalnya saya sekitar 2500. Tapi, bisa saja saya kalah dari rating 2300,” kata Susanto.

Baca Juga: Rajin Catat Langkah, Ini Sosok Pak Dadang Si Dewa Kipas yang Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x