Kompas TV nasional peristiwa

Segera Beroperasi Lagi, Dirut PT Pertamina: Kebakaran Itu Hanya di Daerah Tangki

Kompas.tv - 29 Maret 2021, 12:03 WIB
segera-beroperasi-lagi-dirut-pt-pertamina-kebakaran-itu-hanya-di-daerah-tangki
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati di Jakarta, Senin (3/9/2018). (Sumber: (-KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA))
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Direktur PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, masih bisa beroperasi kembali. Pengoperasiannya dapat dilakukan karena Processing plant (pabrik pengelolaan) kilang yang utamanya tidak terdampak kebakaran.

“Sebetulnya kilang atau Processing plant yang utama, equipment utama di dalam kilang ini tidak terdampak, jadi kebakaran itu hanya di daerah tangki saja,” kata Nicke dalam pernyataannya secara virtual, Senin (29/3/2021).

Baca Juga: Stok BBM Cukup, Dirut Pertamina: Jangan Panic Buying

“Untuk itu kami tentu berharap bahwa kilang akan bisa segera operasikan kembali setelah kita berhasil melakukan pemadaman,” tambah Nicke.

Nicke lebih lanjut memastikan tidak akan ada kendala dalam pasukan BBM meskipun ada kilang yang terbakar di Balongan. Nicke menuturkan, PT Pertamina memiliki skenario ketika kondisi dalam keadaan emergency sekalipun.

“Kita mengoptimalkan produk dari kilang-kilang lain dan kita akan salurkan langsung ke daerah-daerah yang selama ini disuplai dari Balongan yaitu di daerah Jakarta dan juga Cikampek,” ujarnya.

Baca Juga: Kilang Minyak Pertamina Balongan Terbakar, PLN: 1.078 Listrik Pelanggan Mati

“Jadi kami pastikan sekali lagi kepada masyarakat tidak ada kendala di dalam suplai BBM ini,” tegas Nicke.

Dalam kesempatan tersebut, Nicke mengatakan pihaknya belum menemukan penyebab terbakarnya kilang di Balongan, Indramayu. Saat ini, pihaknya dibantu pihak berwenang masih melakukan investigasi.

“Sehingga fokus kami hari ini adalah untuk menyelesaikan kondisi darurat di lapangan,” tuturnya.

Nicke lebih lanjut menuturkan tidak ada korban jiwa akibat terbakarnya kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Hingga saat ini, kata Nicke, masih ada 5 warga yang menjalani perawatan di Rumah Sakit.

Baca Juga: Warga Balongan Sebut Ada Ledakan Dua Kali Sebelum Kilang Minyak Terbakar

“Ada 5 orang korban yang masih ditangani di rumah sakit. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa pada insiden ini,” ujarnya.

Merespons insiden kebakaran di kilang minyak, Nicke menambahkan PT Pertamina telah melakukan evakuasi dan menyiapkan posko pengungsian berikut tim medis. Untuk sementara, Nicke menambahkan pihaknya juga melakukan pemblokiran jalan di sekitar kilang minyak untuk alasan keselamatan dan kesehatan warga.

“Kami memohon kepada warga di sekitar dan untuk tetap tenang dan menjauhi lokasi kebakaran,” pintanya.

Baca Juga: Kilang Minyak Pertamina Meledak Timbulkan Getaran, Warga Berhamburan Keluar Rumah Mengira Gempa Bumi

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x