Kompas TV nasional peristiwa

Kondisi Terkini Kebakaran Kilang Minyak Pertamina di Balongan

Kompas.tv - 31 Maret 2021, 09:50 WIB

KOMPAS.TV - Hingga selasa malam (30/3), api masih berkobar di Kilang Pertamina Balongan, akibat kebakaran tangki persediaan bahan bakar pada Senin dini hari lalu (29/3).

Sebelumnya, Pertamina menargetkan pemadaman api dapat dipadamkan pada Senin malam kemarin (29/3). Tetapi hingga kini api belum dapat dipadamkan.

Pemadaman kobaran api yang terjadi di 3 tangki di Kilang Pertamina Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat akan dilakukan menggunakan teknologi terbaru.

Petugas akan menggunakan air laut yang disemprotkan ke lokasi kebakaran.

Dari 3 tangki, 1 tangki berisi 23 ribu kiloliter dari kapasitas 25 ribu kiloliter.

Pemadaman juga sangat bergantung seberapa cepat BBM yang ada di 1 kilang itu habis terbakar.

Sementara itu, sejumlah warga masih bertahan di pengungsian, di Lapangan Futsal Bumi Patra Pertamina Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Mereka bertahan di pengungsian, karena masih khawatir dan trauma dengan ledakan dan terbakarnya tangki Kilang Minyak Balongan.

Sementara itu, 6 korban kebakaran dirujuk di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ke-6 korban yang merupakan warga sekitar mengalami luka bakar yang cukup serius.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap, penyebab kebakaran tangki di Kilang Minyak Balongan Indramayu, segera terungkap agar antisipasi dapat dilakukan, sehingga tidak terjadi hal serupa di kemudian hari.
 
Pertamina masih menghitung berapa besar kerugian yang dialami dari kebakaran kilang balongan. Namun kejadian ini membuat Pertamina kehilangan produksi 400 ribu barel minyak. 
 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x